Pengobatan Rumahan untuk Parasit Usus pada Kucing | Faunaku
Home » Kucing » Pengobatan Rumahan untuk Parasit Usus pada Kucing

Pengobatan Rumahan untuk Parasit Usus pada Kucing

Membawa kucing ke rumah Anda adalah tanggung jawab besar. Meskipun Anda berurusan dengan hewan yang sangat mandiri dan tangguh, sebagai pemiliknya Anda harus tetap dapat memenuhi semua perawatannya agar kucing tetap sehat.

Parasit Usus Kucing

Penting untuk secara teratur merawat kesehatannya dan mengikuti jadwal vaksinasi yang ditetapkan. Namun di luar itu, semakin banyak pemilik yang memilih untuk menjaga kesehatan hewan melalui metode lain yang lebih alami, yang tidak terlalu agresif pada tubuh hewan.

Jika Anda ingin merawat kucing Anda dengan cara terbaik, artikel ini akan menunjukkan kepada Anda pengobatan rumahan terbaik untuk parasit usus pada kucing.

Parasit Usus pada Kucing

Saluran usus kucing dapat dipenuhi oleh berbagai jenis parasit, tetapi berikut ini adalah yang paling umum:

Vermes: Vermes juga dikenal sebagai cacing, dan ada dua jenis: yang berbentuk bulat dikenal sebagai Nematoda, dan yang datar disebut Cestoda.

Protozoa: Ini adalah parasit uniseluler yang terutama ada dua jenis: Coccidias dan Giardias.

Telur parasit ini dikeluarkan melalui kotoran kucing yang sudah terinfeksi. Oleh karena itu, jalur utama penularan adalah melalui konsumsi kotoran yang terinfeksi atau melalui hewan pengerat kecil yang memakan kotoran yang terinfeksi telur parasit.

Gejala Parasit Usus pada Kucing

Seekor kucing yang saluran pencernaannya telah dijajah oleh parasit dapat menunjukkan gejala-gejala berikut:

  • Muntah
  • Diare
  • Penurunan berat badan
  • Malaise dan lesu

Salah satu tanda peringatan paling jelas tentang keberadaan parasit usus pada hewan peliharaan Anda adalah melihat cacing di kotoran kucing.

Jangan menunda pergi ke dokter hewan jika Anda melihat salah satu gejala yang disebutkan di atas pada kucing Anda, karena gejala ini mungkin juga berhubungan dengan penyakit lain dan penting untuk memverifikasi diagnosis dengan benar.

Dokter hewan perlu mengawasi pengobatan alami parasit usus pada kucing, yang dapat dilakukan kapan pun infestasinya tidak parah. Demikian pula, pemeriksaan dokter hewan penting karena beberapa parasit dapat menyebabkan zoonosis, yang berarti dapat menular ke manusia, meskipun ini hanya terjadi pada kesempatan yang jarang.

Pengobatan Rumahan untuk Parasit Usus Kucing

Kucing Lucu Nakal

Di bawah ini Anda dapat melihat pengobatan rumahan mana yang dapat Anda gunakan untuk memerangi parasit usus kucing Anda secara efektif:

Puasa dengan Cuka Apel

Sehari mempuasakan kucing akan sangat bermanfaat baginya. Ini karena tubuh memiliki kecenderungan yang lebih besar dan lebih baik untuk detoksifikasi ketika tidak mengerahkan energi untuk pencernaan. Tambahkan dua sendok cuka apel ke dalam air minum kucing Anda. Ini adalah antiseptik ampuh yang akan menghilangkan keberadaan parasit ketika melewati saluran pencernaan.

Baca Juga:  Amankah Jika Kucing Anda Memakan Jamur?

Bawang Putih

Bawang putih adalah makanan yang sangat berkhasiat obat karena memiliki sifat antijamur, antivirus, dan antibakteri yang kuat, dan juga berguna untuk menghilangkan parasit usus. Bertentangan dengan apa yang mungkin Anda percaya, bawang putih bukanlah salah satu makanan terlarang untuk kucing. Anda harus mencampur satu sendok makan bawang putih dengan makanannya, dua kali sehari selama 15 hari.

Biji Labu Giling

Ini berfungsi sebagai pencahar yang efisien dan halus. Biji labu giling akan membantu membersihkan tubuh kucing Anda dari parasit. Anda harus menambahkan satu sendok makan biji labu tanah ke dalam makanannya selama satu minggu.

Thyme

Thyme atau timi adalah tanaman dengan aktivitas antiseptik yang kuat yang akan membantu menghilangkan parasit di saluran pencernaan hewan peliharaan Anda. Selain itu, ini benar-benar aman untuk kucing. Hancurkan menjadi bubuk dan tambahkan satu sendok makan thyme tanah ke makanannya sekali sehari selama beberapa hari.

Seperti disebutkan di atas, penting bagi dokter hewan untuk mengawasi jenis perawatan ini karena mereka juga akan memberi tahu Anda metode mana yang harus digabungkan atau cukup menerapkan satu metode pengobatan rumahan saja.

Alat Terbaik Adalah Pencegahan

Kunjungi dokter hewan Anda secara berkala untuk mendapatkan obat cacing. Mereka akan memberi tahu Anda obat yang harus Anda berikan, yang bervariasi terutama sesuai dengan usia kucing dan seberapa sering dia buang kotoran.

Sangat penting bagi lingkungan kucing untuk berada dalam kondisi higienis yang optimal. Akhirnya, kita harus menyebutkan bahwa makanan yang cukup dan gaya hidup yang sehat akan membantu menjaga sistem kekebalannya dalam kondisi sempurna, sehingga mencegah infestasi parasit internal.

Komentar Anda