15 Makanan Ikan Mas Koki Alternatif Pakan Ikan Biasa

Menyaksikan ikan mas koki berenang di sekitar akuarium dapat meredakan stres dan membuat Anda sedikit melupakan masalah dalam hidup Anda. Tetapi kedamaian Anda dapat tiba-tiba terganggu saat Anda menyadari bahwa Anda kehabisan makanan ikan.

Makanan Ikan Mas Koki

Meskipun ikan mas koki peliharaan Anda dapat bertahan hampir 2 minggu tanpa makanan, ikan yang kelaparan akan membahayakan kesehatannya. Kecuali kulkas dan lemari Anda kosong, Anda dapat memberi makan ikan Anda dengan makanan manusia sampai Anda dapat pergi ke toko ikan untuk membeli pakan.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dimakan ikan mas koki Anda ketika Anda kehabisan makanan ikan.

Pakan Alternatif Ikan Mas Koki

1. Udang

Seperti nenek moyang mereka, ikan crucian carp, ikan mas koki adalah makhluk omnivora yang mengandalkan daging dan tumbuhan untuk bertahan hidup. Anda dapat menyajikan udang air asin (artemia) hidup atau beku, tetapi ingat untuk mencairkan udang agar lebih mudah dimakan dan dicerna.

Jika Anda menggunakan spesies yang lebih besar seperti udang windu atau udang putih, buang kulit dan kakinya dan potong dagingnya menjadi potongan-potongan kecil. Anda juga dapat menggunakan produk beku-kering, tetapi akan lebih mudah dicerna ikan jika Anda mencairkannya dulu sebelum disajikan.

2. Serangga

Semut, nyamuk, lalat, dan jentik nyamuk adalah camilan sehat yang akan disukai ikan mas koki Anda. Namun Anda harus menghindari menyajikan serangga dari halaman Anda ke ikan Anda. Serangga yang dibeli di toko lebih higienis untuk akuarium dan ikan Anda, dan mereka tidak mungkin mengandung polutan, insektisida, atau pupuk dari halaman Anda di tubuh mereka.

Juga, hindari menyajikan belalang raksasa atau serangga lain yang terlalu besar untuk dimakan ikan. Di kolam luar dan lingkungan alaminya, ikan mas koki senang mengunyah jentik nyamuk.

3. Cacing

Memelihara koloni cacing yang dibeli dari toko hewan peliharaan di rumah Anda dapat berfungsi sebagai pakan bergizi saat makanan ikan Anda habis. Cacing memberikan dosis protein dan lemak yang sehat, dan harganya murah. Hindari menggunakan cacing liar dari halaman Anda untuk mencegah kontaminasi akuarium. Cacing yang cocok untuk makanan ikan mas koki meliputi:

  • Cacing tubifex
  • Cacing tanah
  • Cacing darah
  • Cacing Hongkong
  • Cacing lilin

Saat menggunakan cacing yang lebih besar, Anda bisa memotongnya untuk memudahkan ikan Anda memakannya.

4. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ikan peliharaan Anda. Setelah kulit jeruk dibuang, cobalah untuk membuang sebagian besar potongan berserabut yang masih menempel pada dagingnya.

Jeruk tidak berbahaya bagi ikan, tetapi ini membuat pembersihan akuarium lebih sulit. Potong irisan jeruk menjadi potongan-potongan kecil dan berikan makan sedikit ke ikan. Keasaman jeruk akan mengganggu kimia air, dan Anda harus membersihkan akuarium lebih sering saat menyajikan buah jeruk.

5. Stroberi

Anda bisa menyajikan ikan mas koki dengan stroberi segar atau beku, tetapi cairkan stroberi beku dan hindari merek yang menambahkan gula tambahan ke buah beri. Ikan mas berkembang dengan makanan yang lebih tinggi karbohidrat daripada protein, dan jika Anda memeriksa profil nutrisi stroberi, Anda akan melihat bahwa buah ini merupakan camilan bergizi.

Stroberi memiliki tujuh kali lebih banyak karbohidrat daripada protein, dan buah ini adalah sumber serat, vitamin, dan mineral yang hebat. Menyajikan stroberi beku-kering adalah pilihan lain, tetapi Anda harus mencairkannya sebelum disajikan.

6. Kacang polong

Pemilik ikan mas koki sering melengkapi makanan ikan dengan kacang polong yang lezat. Kacang polong adalah sumber serat yang sangat baik yang dapat membantu ikan mas Anda buang kotoran dan memudahkan pencernaan. Karena kacang polong tenggelam ke dasar akuarium, makanan ini ideal untuk ikan mas.

Jika Anda menggunakan kacang polong beku, sirami dengan air hangat sambil memegangnya di tangan untuk mencairkannya. Gunakan kuku Anda untuk menembus kulit dan mengeluarkan intinya. Ikan mas koki dapat mengkonsumsinya lebih mudah tanpa kulit yang keras.

7. Mentimun

Mentimun adalah sayuran bebas lemak yang mengandung vitamin C, vitamin K, potasium, serat, dan dua kali tingkat karbohidrat dan protein. Mengupas kulitnya akan membuatnya lebih mudah dikonsumsi, dan membuang biji mentimun akan membuat pembersihan akuarium Anda lebih mudah.

Mentimun kebun lebih mudah dikupas daripada varietas acar, dan Anda dapat menghemat waktu dengan membeli mentimun tanpa biji. Dibandingkan dengan buah dan sayuran lain dalam daftar ini, mentimun adalah salah satu pilihan yang paling terjangkau.

8. Ubi Jalar

Ubi Jalar

Ubi jalar adalah sayuran murah dengan kandungan karbohidrat lebih tinggi daripada pilihan lain di daftar ini. Seperti makanan super lainnya, ubi jalar kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Satu ubi jalar mengandung 26 gram karbohidrat, 3,9 gram serat, dan 2 gram protein.

Ubi jalar banyak di jual di pasar dan Anda bisa memberikan jenis apa pun untuk ikan Anda. Setelah mencuci dan mengulitinya, potong kecil-kecil. Anda bisa memanggang, mengukus, atau me-microwave ubi agar lebih mudah dicerna.

9. Telur

Meskipun tidak cocok untuk ikan mas koki seperti buah dan sayuran, telur rebus adalah pengganti makanan ikan yang layak. Peternak ikan terkadang memberikan makan telur kepada ikan muda untuk mendukung pertumbuhannya, tetapi ikan dewasa membutuhkan makanan yang lebih rendah protein daripada telur.

Kerugian paling signifikan menggunakan telur adalah bagaimana telur itu membuat air di dalam akuarium menjadi keruh. Jika Anda menyajikan telur lebih dari beberapa kali seminggu, Anda harus membersihkan akuarium lebih sering.

10. Anggur

Anggur adalah pengganti makanan ikan yang sehat, dan Anda dapat melengkapi makanan harian ikan mas koki dengan menambahkan anggur sekali atau dua kali seminggu. Satu cangkir anggur merah mengandung 27,33 gram karbohidrat, 1,4 gram serat, 288 miligram potasium, dan 1,09 gram protein.

Tentu saja, Anda hanya membutuhkan satu atau dua buah anggur untuk memberi makan satu ikan dewasa, dan Anda harus membuang kulitnya dan memotong buahnya menjadi potongan-potongan kecil sebelum disajikan.

11. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, romaine, dan kangkung dapat dikukus, dipotong-potong, dan disajikan untuk ikan mas koki Anda. Sayuran hijau gelap seperti bayam muda biasanya lebih bergizi daripada sayuran hijau terang dan menyediakan lebih banyak karbohidrat. Beberapa kandungan nutrisi bayam, bila menggunakan porsi 1 cangkir, adalah:

  • 24 miligram magnesium
  • 167 miligram potasium
  • 86 gram protein
  • 145 mikrogram vitamin K
  • 0,9 gram karbohidrat

Bayam muda memiliki batang yang lebih kecil yang dapat Anda potong, tetapi Anda harus membuang batang yang tebal dan berserat dari varietas bayam savoy.

12. Tanaman Air

Ikan mas koki terkenal suka melahap tanaman air, tetapi Anda bisa menggunakan tanaman yang lebih besar untuk mencegah ikan Anda membunuhnya. Jika Anda sementara kehabisan makanan, ikan peliharaan Anda dapat mengandalkan daun tanaman air untuk makan.

Tanaman yang paling enak adalah azolla, salvinia, duckweed, dan anakharis. Jika Anda tertarik menggunakan tanaman akuatik untuk menghias akuarium yang kebanyakan ikan mas koki tidak akan memakannya, Anda bisa menggunakan anubias atau Java fern.

13. Raspberry

Seperti stroberi, raspberry memiliki rasio karbohidrat dan protein yang tinggi, dan harganya murah saat sedang musim di pasar petani. Meskipun kaya vitamin dan pasti menyenangkan ikan peliharaan Anda, Anda hanya boleh menyajikan porsi kecil untuk ikan mas koki Anda.

Setelah memotong buah beri dan menambahkannya ke akuarium, air bisa menjadi keruh dengan cepat. Raspberry adalah sumber vitamin K dan vitamin C yang sehat, dan kaya akan serat dan potasium.

14. Zucchini

Zucchini menyediakan serat larut, karbohidrat, dan vitamin untuk ikan mas koki Anda, tetapi sayuran mentah bisa jadi sulit dicerna oleh ikan. Buang kulit zucchini dengan pengupas atau pisau, lalu kukus atau rebus selama beberapa menit.

Zucchini rampicante dan cocozelle lebih lembut daripada varietas lain dan mungkin lebih cocok untuk ikan peliharaan Anda. Jika Anda menggunakan zucchini segar, cuci bersih untuk menghilangkan sisa-sisa kontaminan.

15. Makanan Gel

Jika Anda ingin berkreasi dengan masakan ikan Anda, Anda dapat membuat makanan gel buatan sendiri untuk ikan mas Anda. Tablet gel dan bubuk gel tersedia secara online dan di toko hewan peliharaan, tetapi Anda dapat menghemat uang dengan menggunakan sayuran dan makanan laut dari dapur Anda.

Bubuk instan komersial hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk dibuat, tetapi sebagian besar resep DIY hanya membutuhkan waktu satu jam atau kurang. Beberapa resep populer menggunakan artemia, bayam, ubi jalar, bumbu bawang putih, dan agar-agar.

Setelah mengukus dan memblender sayuran dan udang, tambahkan bumbu dan campur bahan dengan gelatin. Setelah gel mengeras, Anda bisa memotongnya menjadi potongan-potongan keci yang bisa disajikan.

–oOo–

Makanan ikan, makanan sayuran daun, dan tanaman air memberikan nutrisi yang sehat untuk ikan mas koki Anda, tetapi Anda dapat memakai makanan ringan dari dapur Anda saat makanan ikan Anda habis.

Kami memastikan makanan-makanan di atas aman untuk ikan peliharaan Anda, tetapi makanan tersebut tidak boleh dijadikan pengganti permanen untuk makanan sehari-hari ikan mas Anda. Ikan mas itu tangguh, tetapi mereka akan lebih bahagia dan lebih sehat dengan pakan ikan seperti pelet yang diformulasikan khusus untuk mereka.

Komentar Anda