10 Penyakit Umum Anjing Herder (German Shepherd) | Faunaku
Home » Anjing » 10 Penyakit Umum Anjing Herder (German Shepherd)

10 Penyakit Umum Anjing Herder (German Shepherd)

Kita memandang herder alias German Shepherd sebagai anjing yang cerdas, setia, dan pemberani yang dapat melakukan berbagai tugas yang paling berat sekalipun. Sebagai ras anjing yang bekerja dengan personel militer dan polisi, sulit membayangkan anjing-anjing ini sama sekali tidak tangguh.

Penyakit anjing herder

Tetapi seperti semua ras anjing lainnya, German Shepherd juga memiliki masalah kesehatan umum yang perlahan muncul seiring bertambahnya usia. Mari kita lihat beberapa masalah kesehatan paling umum yang terkait dengan breed German Shepherd alias herder ini.

Daftar Penyakit Anjing German Shepherd

1. Displasia Pinggul

Displasia pinggul adalah salah satu masalah paling umum di banyak ras anjing, tetapi lebih sering terjadi pada German Shepherd. Ini adalah jenis anjing yang besar, dan masalahnya hanya akan bertambah buruk ketika mereka bersama pemilik yang tidak menganggap serius kesehatan dan kebutuhan olahraga mereka.

Anjing yang memiliki gen untuk mengembangkan displasia pinggul seharusnya tidak dibiakkan, tetapi banyak peternak mengabaikan hal ini dan tetap membiakkannya. Gen tersebut diturunkan dari generasi ke generasi dan ini agak menyakitkan bagi anjing karena merupakan kelainan pada sendi pinggul.

2. Displasia Siku

Seperti displasia pinggul, displasia siku mempengaruhi banyak ras anjing besar dari praktik pembiakan yang buruk. Alih-alih pinggul yang bermasalah, displasia siku menyerang siku, dan dapat bervariasi dari gejala ringan hingga berat. Biasanya ini membuat anjing tidak nyaman untuk berjalan, dan sayangnya, tidak banyak yang bisa dilakukan setelah anjing didiagnosis terkena ini.

3. Gastric Dilatation-Volvulus (GDV)

Disebut juga bloat alias kembung, GDV adalah masalah serius yang terjadi ketika anjing makan makanan terlalu cepat dan kemudian terlalu banyak melakukan aktivitas fisik. Gas menumpuk di perut dan tekanan dari kembung membuat anjing sulit bernapas. Beberapa anjing mengalami syok atau makan rumput untuk mencoba muntah.

Ini adalah kondisi yang mengancam nyawa dan anjing Anda harus segera dibawa ke dokter hewan jika Anda merasa mereka mungkin mengidapnya. Cobalah untuk memberi makan German Shepherd Anda tiga kali sehari dalam porsi kecil untuk mencegah masalah tersebut.

4. Epilepsi

German Shepherd dikenal memiliki gangguan kejang. Meskipun epilepsi tidak dapat disembuhkan, ada banyak cara untuk membantu mencegah gejalanya. Banyak anjing tidak akan menunjukkan tanda-tandanya jika mereka dijauhkan dari situasi stres.

5. Hemofilia

Anjing herder sakit

Hemofilia telah terjadi pada German Shepherd karena praktik panjang perkawinan sedarah (inbreeding). Penyakit ini terjadi ketika darah tidak membeku dengan baik. Bahkan luka sayatan kecil pun bisa menjadi serius bagi seekor anjing. Penyakit ini lebih sering terjadi pada German Shepherd daripada banyak ras anjing lainnya, jadi berhati-hatilah saat berolahraga dengan mereka.

Baca Juga:  11 Penyebab Anjing Peliharaan Anda Sering Kencing

6. Diabetes

Ukuran besar German Shepherd membuat mereka lebih cenderung makan berlebihan kapan pun mereka bisa mendapatkan makanan. Karena itu, diabetes tidak jarang terjadi pada ras ini. Tanda-tanda diabetes meliputi mulut kering, kelelahan, makan dan buang air kecil berlebihan, serta kaki bengkak.

7. Katarak

Masalah kesehatan lain yang mungkin dialami oleh German Shepherd Anda seiring bertambahnya usia adalah katarak. Masalah ini biasanya mudah diketahui kapan terjadinya ketika Anda mulai mengamati mata mereka terlihat sedikit lebih kabur atau mereka mulai lebih sering menabrak benda. Jika penyakit semakin berkembang, anjing akan semakin sulit untuk melihat apa pun.

8. Penyakit Diskus Degeneratif

Jika Anda belum tahu, ukuran German Shepherd berkontribusi pada banyak masalah kesehatan mereka. Penyakit Diskus Degeneratif umum terjadi pada hewan besar, tetapi bahkan dapat mulai bermanifestasi ketika anjing masih muda. Banyak peternak mencoba menghindari masalah ini. Periksakan German Shepherd Anda untuk mengetahui kelainan tulang belakang sejak mereka masih kecil.

9. Panosteitis

German Shepherd tumbuh sangat cepat dan terkadang pincang saat mereka dewasa dari usia 5 hingga 14 bulan. Kondisi ini tidak permanen, tetapi Anda dapat melihat panosteitis pada anak anjing German Shepherd Anda yang baru. Bawa German Shepherd Anda ke dokter hewan dan minta mereka melakukan x-ray untuk memastikan bahwa inilah yang Anda hadapi.

10. Pankreatitis

Pankreatitis hanya dapat terjadi sekali di sepanjang hidup anjing Anda. Ini terjadi ketika pankreas anjing meradang dan biasanya karena masalah lingkungan. Ini lebih sering terjadi pada German Shepherd karena mereka memiliki banyak masalah perut seperti Insufisiensi Pankreas Eksokrin.

Kesimpulan

Tidak peduli jenis anjing apa yang Anda adopsi ke dalam keluarga Anda, akan ada segala macam masalah kesehatan yang harus Anda hadapi pada satu titik kehidupannya. Tentu saja, beberapa ras memiliki lebih sedikit masalah kesehatan daripada yang lain, tetapi banyak dari penyakit itu dapat dicegah dengan pola makan dan gaya hidup sehat.

Jika Anda ragu dengan semua ini, belilah anak anjing hanya dari peternak terkemuka yang memiliki jaminan kesehatan dan bawa mereka ke dokter hewan untuk pemeriksaan kesehatan rutin.

Komentar Anda