Mengapa Anak Anjing Itu Lucu? Biarkan Sains Menjawabnya | Faunaku
Home » Anjing » Mengapa Anak Anjing Itu Lucu? Biarkan Sains Menjawabnya

Mengapa Anak Anjing Itu Lucu? Biarkan Sains Menjawabnya

Tidak ada keraguan bahwa anak anjing itu lucu. Tidak peduli jenis anak anjing apa yang kita lihat, selama anak anjing itu kecil, mungil, dan imut, mereka benar-benar menarik bagi kebanyakan manusia. Jadi, mengapa anak anjing terlihat sangat lucu? Inilah yang diungkapkan sains kepada kita tentang mengapa anak anjing terlihat sangat lucu.

Gambar anak anjing lucu

Penyebab Anak Anjing Lucu

Anak Anjing Membangkitkan Respons Pengasuhan

Anak anjing bergantung pada perawatan kita dan menonjolkan kualitas “seperti bayi” yang meluluhkan hati kita seperti halnya bayi. Ciri-ciri anak anjing yang seperti bayi membangkitkan respons pengasuhan yang membuat kita ingin bertindak sebagai pelindungnya.

Ciri-ciri pada anak anjing yang membantu memunculkan respons ini meliputi:

  • Mata bulat besar
  • Pipi besar
  • Dagu kecil

Kepala anak anjing biasanya terlihat lebih besar dari yang seharusnya jika dibandingkan dengan tubuhnya, yang tampaknya menawan bagi manusia. Banyak filsuf, termasuk Darwin dan John Bowlby, berpikir bahwa perasaan yang kita alami saat melihat anak anjing atau bayi adalah bagian dari sistem keterikatan kita.

Anak Anjing Mengaktifkan Reward System Kita

Kegiatan melihat anak anjing cenderung memasuki otak kita pada tingkat saraf dan mengaktifkan reward system atau sistem penghargaan kita. Melihat anak anjing yang lucu saja membuat kita ingin menghadiahi diri kita sendiri dengan perasaan yang samar.

Anak anjing yang lucu juga cenderung memunculkan empati dan perasaan niat baik. Sama seperti dengan bayi, kita tidak menginginkan apa pun selain memastikan anak-anak anjing yang kita pelihara merasa aman dan nyaman.

Anak Anjing Benar-benar Tidak Berbahaya

Foto anak anjing

Anak anjing yang lucu tidak dapat melakukan apa pun untuk menyakiti Anda, jadi mudah untuk merasa gemas pada anak anjing itu ketika Anda merasa benar-benar aman di sekitar mereka.

Tidak hanya penampilan anak anjing yang membuatnya menarik, tetapi tindakan polos mereka juga menambah faktor kelucuan. Seekor anak anjing yang hanya duduk diam sudah lucu. Namun ketika anak anjing itu mulai berguling atau meringkuk di pangkuan Anda, hati Anda pasti akan lebih meleleh.

Anak Anjing Bisa Memicu “Cute Aggression” pada Manusia

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Behavioral Neuroscience berupaya menentukan bagaimana cute aggression atau agresi lucu memengaruhi kita ketika kita melihat hal-hal lucu seperti bayi dan anak anjing.

Baca Juga:  14 Fakta Menarik Tentang Anjing Belgian Malinois

Pada dasarnya, penelitian ini menemukan bahwa pikiran kita menciptakan sesuatu yang disebut agresi lucu untuk membantu kita melawan perasaan cinta dan perhatian yang berlebihan yang kita kembangkan saat melihat hal-hal lucu itu. Jika kita begitu terpikat dengan anak anjing yang lucu yang tidak bisa kita rawat, kemungkinan besar anak anjing itu akan mati.

Oleh karena itu, agresi lucu kita muncul dan membuat kita tetap stabil sehingga kita tidak terlalu kewalahan dengan kelucuan, dan kita dapat lebih fokus pada sisi praktis merawat anak anjing. Penting untuk dicatat bahwa agresi lucu tidak sama dengan keinginan untuk menyakiti hal-hal yang kita anggap lucu. Tapi itu bisa dikaitkan dengan pemikiran seperti, “Anak anjing itu sangat lucu, aku ingin meremasnya!”

Kelucuan Membantu Anak Anjing Bertahan Hidup

Sebuah penelitian kecil dilakukan untuk menentukan kapan anak anjing paling menarik bagi manusia. Penelitian ini melibatkan tiga ras anjing yang berbeda: Cane Corso, Jack Russell Terrier, dan White Shepherd.

Orang-orang dalam penelitian ini diperlihatkan gambar-gambar anjing yang berbeda selama tahap kehidupan yang berbeda saat mereka dipantau. Seperti yang diharapkan, orang-orang menunjukkan bahwa mereka lebih menyukai penampilan anjing ketika mereka berusia sekitar 8 minggu.

Usia ini kebetulan bertepatan dengan saat ibu anjing mengusir anak-anaknya keluar dari sarang dan mengharapkan mereka untuk mulai berjuang sendiri. Para peneliti percaya bahwa kita manusia secara naluriah tahu bahwa anak anjing seusia ini membutuhkan pengasuhan dan perawatan untuk bertahan hidup.

Oleh karena itu, fakta bahwa anak anjing sangat lucu mungkin merupakan cara alam untuk memastikan bahwa mereka dapat bertahan hidup saat ada manusia.

–oOo–

Tampaknya ada banyak alasan mengapa kita begitu terobsesi dengan kelucuan hewan-hewan ini! Berkat rasa empatik dan naluri pengasuhan kita, kita memiliki kapasitas untuk mengambil cinta yang kita rasakan ketika melihat anak anjing yang lucu dan mengubah cinta itu menjadi interaksi nyata melalui aktivitas membelai, bercengkerama, memberi makan, dan secara umum merawat anak anjing itu.

Komentar Anda