7 Alasan Kotoran Anjing Berwarna Hitam dan Perawatannya

Sebagai pemilik hewan peliharaan, kita biasanya mendapatkan gambaran yang bagus tentang apa yang normal dan apa yang tidak normal dalam hal buang air besar hewan peliharaan kita. Dan kotoran hitam tidaklah normal. Ini adalah hal yang perlu dikhawatirkan karena penyebab paling umum dari kotoran hitam adalah darah yang tercerna sebagian. Ada sejumlah penyebab darah bisa masuk ke kotoran, dan ada beberapa hal lain yang bisa mengubah kotoran menjadi hitam.

Anjing BAB

Jadi, sebelum Anda membawa anjing Anda ke dokter hewan, akan sangat membantu untuk mencari tahu sebanyak mungkin tentang penyebabnya. Berikut adalah tujuh alasan mengapa anjing Anda mengeluarkan kotoran berwarna hitam.

Penyebab Kotoran Anjing Jadi Hitam

1. Pendarahan Usus

Penyebab paling umum dari kotoran hitam adalah darah yang tercerna sebagian karena anjing Anda mengalami pendarahan akut di perut atau usus kecilnya. Jika itu terjadi di saluran pencernaan bagian bawah, darah akan keluar berwarna merah cerah.

Pendarahan di dalam perut atau usus kecil dapat menyebabkan kotoran anjing Anda berwarna hitam dan lembek, yang disebut melena. Pendarahan ini dapat memiliki berbagai penyebab dan bisa mengancam jiwa serta memerlukan intervensi medis segera.

Perawatan

Bawa anjing ke klinik hewan segera. Pendarahan perut dan usus kecil bisa sangat serius dan biasanya membutuhkan perhatian dokter hewan.

2. Makan Makanan Berdarah

Jika anjing Anda mengeluarkan kotoran hitam, ada kemungkinan bukan darahnya sendiri yang membuatnya menjadi hitam. Anjing yang memakan daging mentah atau menyerang hewan hidup mungkin akan menelan darah yang membuat kotorannya menjadi gelap. Ini adalah penyebab yang melegakan karena ini berarti anjing Anda tidak mengeluarkan darah dari dalam tubuhnya sendiri, melainkan dari makanan mentah yang dia makan.

Perawatan

Jika penyebab kotoran hitam adalah makanan berdarah, anjing Anda seharusnya tidak berada dalam bahaya langsung. Tetapi jika Anda tidak yakin dengan penyebabnya, mintalah petunjuk dokter hewan untuk berjaga-jaga. Juga pertimbangkan untuk mengubah pola makan anjing Anda untuk menghindari makan makanan yang masih terlalu mentah dan berdarah.

3. Menelan Arang atau Pewarna Hitam

Anjing pup

Penyebab lain dari feses berwarna hitam adalah makanan yang berwarna hitam pekat. Salah satu sumber umum ini adalah arang aktif. Dokter hewan Anda mungkin akan meresepkan arang jika anjing Anda baru saja memakan sesuatu yang beracun, dan beberapa anjing mungkin memakan arang aktif itu sendiri. Beberapa pemilik memberikan biskuit arang sebagai cara meredakan kembung atau gas pada anjing mereka.

Penyebab umum lainnya adalah pewarna makanan hitam. Pewarna hitam seharusnya tidak menjadi bagian dari makanan anjing Anda, tetapi jika anjing memiliki kebiasaan mencuri makanan, dia mungkin menemukan sesuatu yang tidak boleh dia makan. Pewarna makanan biasanya akan menyebabkan noda pada mulut dan bulu anjing Anda serta kotorannya berwarna gelap.

Perawatan

Seperti halnya makanan berdarah, yang satu ini tidak memerlukan intervensi medis. Efek pewarna akan hilang dalam satu atau dua hari. Tetap awasi tanda-tanda masalah lainnya, terutama jika anjing Anda memakan sesuatu yang tidak seharusnya dia makan.

4. Reaksi Obat

Obat-obatan terkadang memiliki efek samping yang tidak boleh diabaikan, termasuk pendarahan pencernaan. Saat anjing Anda sedang menjalani pengobatan baru, Anda harus mengawasinya lebih dekat dari biasanya untuk melihat reaksi seperti ini, untuk berjaga-jaga jika anjing Anda sensitif terhadap obat tersebut. Obat anti-inflamasi non steroid adalah penyebab yang lebih umum dari ini.

Perawatan

Konsultasikan dengan dokter hewan Anda segera tentang perubahan obat. Biasanya, perubahan obat diperlukan.

5. Sakit Perut

Tukak lambung adalah erosi pada perut atau lapisan usus anjing Anda yang disebabkan oleh kelebihan asam pencernaan. Lubang-lubang ini dapat berkembang dari waktu ke waktu, dan tergantung di mana letaknya di saluran pencernaan, ini dapat menyebabkan melena hitam.

Perawatan

Seperti jenis pendarahan internal lainnya, anjing Anda membutuhkan perawatan dokter hewan untuk mendiagnosis dan mengobati sakit perut ini. Jika sakitnya masih ringan, antasida atau obat serupa mungkin cukup untuk mengobatinya, sedangkan tukak serius atau borok berlubang bisa memerlukan pembedahan.

6. Bakteri atau Virus

Beberapa penyakit dapat menyerang lapisan perut dan dinding usus, menghancurkan bagian-bagiannya, dan menyebabkan pendarahan internal. Jika anjing Anda sakit, Anda mungkin melihat tanda-tanda penyakit lain seperti lesu, kehilangan nafsu makan, atau muntah. Penyakit ini memiliki tingkat keparahan yang luas, dan banyak yang dapat mengancam jiwa tanpa perawatan dokter hewan yang tepat.

Perawatan

Rawat anjing di klinik hewan. Beberapa infeksi bakteri dapat diobati dengan antibiotik, sementara penyakit lain mungkin memerlukan rencana pengobatan atau pembedahan yang berbeda.

7. Menelan Darah dari Cedera Lain

Penyebab umum lain dari darah dalam kotoran adalah menelan darah dari cedera lain. Ini bisa berupa luka di mulut atau tenggorokan berdarah, di mana anjing menelan darah tanpa sadar, atau anjing yang terluka mungkin menjilat lukanya, menelan darah dalam prosesnya. Beberapa anjing berusaha menyembunyikan lukanya, jadi Anda mungkin tidak menyadari adanya cedera jika tidak mencarinya.

Perawatan

Cari sumber darah dan obati sesuai dengan tingkat keparahan cederanya. Jika anjing Anda menelan cukup darah sampai mengubah kotorannya menjadi hitam, perawatan dokter hewan mungkin diperlukan untuk mengobati lukanya.

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, ada banyak penyebab feses anjing berwarna hitam, tetapi kebanyakan berasal dari darah yang masuk ke perut atau usus kecil anjing Anda. Daftar ini tidak lengkap dan dokter hewan Anda perlu mempertimbangkan banyak kemungkinan lain.

Ada beberapa kemungkinan penyebab yang sebagian besar tidak berbahaya bagi anjing Anda, tetapi kotoran berwarna hitam sering kali merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Perhatikan kotoran anjing Anda dengan serius, karena kotoran berwarna hitam biasanya berarti anjing Anda tidak sehat dan memerlukan perawatan dokter hewan.

Komentar Anda