4 Penyebab Kucing Muntah Setiap Hari dan Cara Mencegahnya

Suara kucing muntah akan membuat hampir semua pemilik kucing bergerak seketika. Berbagai pikiran langsung menyeruak ketika mendengarnya. Kucing Anda tidak boleh muntah setiap hari. Bahkan muntah beberapa kali per bulan biasanya menunjukkan sejumlah masalah.

Gambar kucing muntah

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu apa yang membuat kucing Anda muntah. Dari sana, Anda dapat menentukan tindakan terbaik untuk menghentikan mereka muntah. Bahkan jika kucing Anda tidak tertular penyakit, muntah secara teratur tidak baik untuk tubuhnya!

4 Kemungkinan Penyebab Kucing Anda Sering Muntah

1. Bola Rambut (Hairball)

Mungkin alasan nomor satu kucing sering muntah adalah bola rambut alias hairball. Kucing merawat tubuh mereka dengan lidahnya, dan sebagai hasilnya, mereka menelan sedikit bulu atau rambut mereka sendiri. Meskipun kucing memakannya secara teratur sejak dulu, mereka belum berevolusi untuk benar-benar mencerna bulu yang mereka konsumsi.

Karena kucing tidak dapat mencerna bulu, bulu di perut mereka akan dikeluarkan lewat kotoran, dan memang seharusnya begitu. Jika terlalu banyak bulu yang menumpuk di perut sehingga sulit melewati ususnya, kucing akan memuntahkannya ke lantai. Memang menjijikkan, tetapi cara ini berhasil.

Pada saat bulu sudah dikeluarkan, itu tidak berbentuk seperti bola. Sebaliknya, bola rambut itu akan terlihat seperti tabung rambut dan lendir yang memanjang. Bergantung pada panjang bulu kucing Anda dan berapa lama bulu itu masuk ke dalam perut kucing Anda, panjang bulunya bisa sampai beberapa sentimeter, yang semakin memperparah muntahnya.

Cara Menyingkirkan Bola Rambut

Bola rambut umumnya merupakan kondisi yang tidak berbahaya bagi kucing, tetapi tetap saja tidak sehat bagi kucing untuk sering muntah. Jika kucing Anda bermasalah dengan bola rambut, pertimbangkan obat bola rambut yang dijual bebas.

Obat anti hairball akan melumasi saluran pencernaan kucing untuk membantu menggerakkan bulu melalui saluran dengan nyaman. Obat ini juga mengandung pencahar ringan untuk mendorong rambut keluar melalui saluran usus sebelum menumpuk menjadi bola rambut.

Menyikat bulu kucing Anda dengan sikat atau sisir juga dapat membantu mengurangi jumlah bola rambut yang dikeluarkan kucing Anda. Alat penghilang kerontokan akan menembus lapisan bawah untuk mengangkat rambut yang terperangkap di lapisan bawah keluar dari bulu, mengurangi jumlah bulu yang rontok yang akan masuk ke perut kucing Anda.

Jika tidak satu pun dari pengobatan ini yang bisa membantu bola rambut kucing Anda, bawa mereka ke dokter hewan untuk diperiksa apakah mungkin ada penyebab lain.

2. Makan Terlalu Banyak

Kucing adalah pemangsa, dan pemangsa secara alami cenderung makan berlebihan jika ada kesempatan. Karena predator harus berburu dan berburu tidak pernah menjamin ketersediaan makanan, mereka lebih cenderung untuk mengisi perut mereka ketika ada kesempatan, untuk menghindari kelaparan yang tidak disengaja jika perburuan sulit.

Dengan mendapatkan jumlah lemak yang berlebihan, kucing Anda secara teoritis dapat bertahan lebih lama di alam liar. Namun di penangkaran, perilaku ini tidak berguna karena mereka tidak membakar kelebihan kalori dengan berburu. Akibatnya, mereka akan muntah.

Cara Mencegah Kucing Anda Makan Terlalu Banyak

Jika kucing Anda selalu makan berlebihan, beri mereka makan dalam jumlah dan waktu yang ditentukan. Mereka tidak akan menyukainya dan mungkin memprotes Anda, tetapi itu akan lebih baik untuk kesehatan mereka dalam jangka panjang.

Anda juga bisa memberi kucing Anda feeder toy yang ‘memaksa’ mereka bermain dengan mainan itu untuk mendapatkan makanan di dalamnya. Ini mensimulasikan pembakaran kalori yang disebabkan oleh perburuan dan memberi kucing Anda pengayaan.

3. Makan Terlalu Cepat

Alasan Kucing Selalu Muntah

Jika kucing Anda sudah dibatasi makanannya atau mereka tidak memiliki masalah dengan bola rambut tetapi masih sering muntah, kucing Anda mungkin makan terlalu cepat. Di dunia kucing, makanan apa pun yang dihidangkan harus dihabiskan segera! Meskipun ini tidak terlalu berisiko di penangkaran, kucing belum berevolusi dengan perilaku makan secepat mungkin untuk menghindari menjadi makanan pemangsa oportunistik.

Jika kucing Anda makan terlalu cepat, perutnya dapat kelebihan beban dan membuat dirinya sakit secara tidak sengaja. Ada banyak solusi yang dapat Anda gunakan untuk membantu kucing Anda makan lebih lambat, tetapi pahamilah bahwa ini adalah sifat evolusioner yang berguna bagi kucing di alam liar. Mereka tidak melakukannya untuk membuat Anda frustrasi!

Cara Mencegah Kucing Anda Makan Terlalu Cepat

Salah satu cara untuk mencegah kucing Anda makan terlalu cepat adalah dengan menggunakan feeder puzzle. Mainan ini memungkinkan kucing Anda untuk makan dalam jumlah yang sama tetapi memaksa mereka untuk memperlambatnya karena mereka harus memecahkan teka-teki sederhana untuk mendapatkan makanan.

Feeder puzzle sederhana dapat dibuat di rumah menggunakan bahan-bahan seperti wadah telur, nampan es, atau kotak pir. Puzzle yang lebih canggih dapat dibeli atau dibuat di rumah menggunakan barang sehari-hari seperti kursi dan botol plastik.

Anda juga dapat membuat kucing Anda “berburu” untuk mendapatkan makanannya dengan cara menyembunyikan sebagian kecil makanannya di sekitar rumah dan membiarkan kucing Anda memburunya. Namun terkadang merepotkan bagi sebagian pemilik kucing yang selalu sibuk.

Jika kucing Anda suka “berburu” tetapi Anda tidak punya waktu untuk menyembunyikan makanannya, pertimbangkan untuk membeli feeder toy yang bisa mereka mainkan untuk mendapatkan makanannya!

4. Penyakit

Kucing juga bisa muntah secara teratur jika mereka sakit. Banyak penyakit dapat menyebabkan muntah pada kucing. Jadi, pemeriksaan ke dokter hewan agar aman akan sepadan dengan waktu dan usaha Anda, bahkan jika kucing Anda tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit lainnya.

Penyakit dan kondisi berikut sering dikaitkan dengan muntah berulang pada kucing:

  • Benda asing di saluran pencernaan
  • Alergi makanan
  • Keracunan
  • Parasit usus
  • Penyakit radang usus
  • Diabetes
  • Hipertiroidisme
  • Penyakit ginjal
  • Kanker

Cara Membantu Kucing Anda Menjadi Sehat Kembali

Bawa mereka ke dokter hewan. Dokter hewan akan dapat mendiagnosis dan mengobati penyakit apa pun yang diderita kucing Anda.

—oOo—

Muntah berulang kali bisa menjadi masalah bagi pemilik hewan peliharaan yang harus menghadapinya. Untungnya, banyak alasan sederhana yang mudah diatasi yang mungkin menyebabkan kucing Anda sakit perut.

Seperti biasa, kami merekomendasikan pemeriksaan ke dokter hewan jika kucing Anda mulai muntah secara teratur, bahkan setiap hari, untuk berjaga-jaga. Lebih baik cari aman daripada menyesal. Dokter hewan Anda akan dapat membantu menentukan jenis perawatan apa yang dibutuhkan kucing Anda untuk membuatnya merasa lebih baik!

Komentar Anda