7 Alasan Kenapa Kucing Tidak Suka Naik Mobil dan Tips untuk Anda | Faunaku
Home » Kucing » 7 Alasan Kenapa Kucing Tidak Suka Naik Mobil dan Tips untuk Anda

7 Alasan Kenapa Kucing Tidak Suka Naik Mobil dan Tips untuk Anda

Entah Anda sedang bepergian ke luar kota atau sekedar pergi ke klinik hewan, memasukkan kucing Anda ke dalam mobil bisa menjadi hal yang sulit. Menggeram parau, mengeong panjang, dan serangkaian suara kucing yang tidak wajar akan menemani perjalanan Anda, belum lagi perubahan suasana hati kucing yang mengikutinya.

Kucing dalam Mobil

Bagi banyak pemilik, kucing dan mobil tidaklah cocok. Lantas mengapa kucing sangat benci berada di dalam mobil? Kucing rumahan mungkin stres karena meninggalkan rumah atau mengalami perubahan dalam rutinitas tidur siang dan waktu makannya.

Mabuk perjalanan adalah kemungkinan penyebab lainnya, dan bahkan jika kucing Anda tidak sakit, dia mungkin tidak menyukai gerakan, getaran, dan suara dari mobil itu sendiri.

Penyebab Kucing Tidak Suka Naik Mobil

Di bawah ini adalah 7 kemungkinan alasan kucing Anda tidak suka diajak naik mobil.

1. Rutinitas

Bukan hanya naik mobil yang dapat mengubah kucing yang tenang menjadi galak. Banyak kucing merasa sebal karena dimasukkan ke carrier atau kandang kucing. Bagi banyak kucing, satu-satunya waktu mereka harus masuk ke dalam mobil adalah saat mengunjungi dokter hewan, yang merupakan pengalaman yang membuatnya stres.

Jika kucing Anda membenci carrier dan tidak terbiasa bepergian dengan mobil, Anda telah melakukan serangkaian “dosa” terhadap kucing Anda. Dan dia akan memberi tahu Anda dengan tegas bahwa dia tidak menyukainya.

2. Perubahan Lingkungan

Ini biasanya lebih merupakan masalah bagi kucing rumahan, tetapi kucing luar rumahan juga bisa mengalaminya. Kucing menjadi terbiasa dengan lingkungannya. Mereka memiliki tempat favorit untuk tidur, tempat yang mereka sukai untuk makan, dan wilayah yang mereka sukai untuk dijelajahi. Umumnya, mobil bukan bagian dari wilayah ini, dan kucing Anda mungkin tidak suka diseret menjauh dari lingkungan biasanya.

3. Pengalaman yang Tidak Biasa

Mobil dan perjalanan mobil tidak wajar bagi kucing. Mobil tidak ada di alam liar, dan meski kucing yang penasaran terkadang naik ke dalam mobil dan bertahan dalam perjalanan yang relatif singkat (kecuali Anda membuat kucing Anda lebih rileks untuk berada dalam situasi itu), naik mobil sesekali terbukti sulit setiap saat bagi kucing.

4. Mabuk Perjalanan

Sama seperti manusia, kucing juga bisa menderita mabuk perjalanan. Intinya, mabuk perjalanan disebabkan ketika mata melihat gerakan yang berbeda dengan apa yang dialami telinga bagian dalam.

Meskipun beberapa teknik dapat digunakan untuk membantu mengurangi gejala mabuk perjalanan, seperti memberikan tablet penenang atau menggunakan feromon penenang, tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkan atau mencegah mabuk perjalanan itu sendiri.

5. Getaran, Kebisingan, dan Bau yang Tidak Biasa

Kucing adalah makhluk kebiasaan dan mereka menjadi terbiasa dengan pemandangan, suara, dan bau yang mengelilinginya setiap hari. Pemandangan, suara, dan bau ini kemungkinan besar tidak sama di dalam mobil seperti di lingkungan kucing Anda.

Mesin dan gerak mobil menimbulkan getaran yang bisa membuat kucing tidak nyaman. Mesin, dan gesekan yang disebabkan oleh mobil yang bergerak di permukaan yang keras, menimbulkan suara bising, yang diperparah oleh suara angin yang menerpa jendela dan kebisingan lalu lintas lainnya di jalan raya.

Dan meskipun Anda mungkin terbiasa dengan bau bagian dalam mobil Anda, hidung sensitif kucing Anda kemungkinan besar mencium aroma bensin, aroma aspal, dan bau menyengat dari pengharum ruangan yang menggantung di kaca spion depan.

Kucing Anda mungkin tidak suka berada di dalam mobil karena indranya kewalahan dan dikejutkan oleh lingkungan di dalam dan di sekitar mobil.

6. Ingatan Lama

Kucing dapat memiliki ingatan yang sangat panjang, dan beberapa pemilik yakin bahwa kucing mereka menyimpan dendam. Jika satu-satunya waktu Anda membawa kucing ke dalam mobil adalah mengunjungi dokter hewan, dia akan mengasosiasikan masuk ke dalam mobil dengan pengalaman tidak menyenangkan di akhir perjalanan.

Baca Juga:  6 Penyebab Kucing Menatap Dinding Kosong, Bukan Karena Ada Hantu!

Demikian pula, kita sering memasukkan kucing kita ke dalam mobil untuk membawanya ke kandang, yang merupakan pengalaman lain yang mungkin tidak mereka sukai.

7. Bisa Jadi Andalah Penyebabnya

Jika kucing Anda mulai merengek dan mengeong saat berada di dalam mobil, dan Anda bereaksi negatif, Anda bisa memperburuk keadaan. Juga, jika Anda gugup dan khawatir, kucing sensitif Anda kemungkinan besar akan menangkap emosi negatif ini dan menjadi gugup dan cemas.

Tips Membuat Perjalanan Mobil Lebih Mudah untuk Kucing

Kucing Naik Mobil

Jika Anda hanya ingin membawa kucing Anda dalam perjalanan singkat naik mobil ke klinik hewan, Anda mungkin dapat menahan kebisingan dari carrier kucing. Tetapi ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki situasi kucing dan Anda.

Biasakan Kucing dengan Carrier

Mungkin bukan perjalanan mobil itu sendiri yang membuat kucing Anda stres. Bisa jadi itu karena carriernya. Carrier kucing berfungsi dan berguna, tetapi bisa juga tidak nyaman dan sempit. Carilah carrier kucing berukuran tepat yang mudah digunakan. Biasakan membuka dan menutupnya dengan cepat. Pastikan ada selimut di dalamnya, lalu biasakan kucing Anda dengan carriernya.

Biarkan kucing Anda mencium baunya, lalu coba masukkan kucing Anda ke dalam carrier selama beberapa menit sebelum melanjutkan ke periode yang lebih lama.

Desensitisasi

Jika Anda hanya memasukkan kucing Anda ke dalam mobil setahun sekali, kemungkinan besar dia tidak akan pernah terbiasa dengan sensasi atau pengalaman berada di dalam mobil dan dia akan selalu mengalami perasaan yang sama.

Masukkan kucing Anda ke kandangnya dan ajak dia naik mobil sesekali. Mulailah dengan perjalanan singkat di sekitar perumahan dan tingkatkan panjang perjalanan secara bertahap.

Bawa Baki Sampah

Jika Anda akan melakukan perjalanan jauh, Anda perlu membawa perbekalan yang sesuai. Tergantung pada lamanya perjalanan, ini mungkin termasuk air dan makanan. Anda juga perlu menyertakan nampan kotoran, karena jika kucing Anda dipaksa untuk buang air kecil atau buang air besar di dalam kandangnya, itu akan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman dan tidak menyenangkan.

Hindari Memberi Makan Kucing Tepat Sebelum Berangkat

Jika kucing Anda mabuk perjalanan, hindari memberinya makan sebelum berangkat. Atur waktu makan agar Anda dapat memberi makan kucing Anda saat tiba di tempat tujuan, meskipun sebaiknya berikan jeda singkat setelah perjalanan agar perut kucing Anda punya kesempatan untuk tenang.

Keakraban

Bawalah serta selimut, tempat tidur, atau beberapa mainan favorit kucing Anda selama perjalanan. Kucing Anda akan mengenali tampilan dan bau barang-barang tersebut, dan itu akan membuatnya lebih betah sehingga tidak dikelilingi oleh benda dan bau asing.

Tenanglah

Saat menyiapkan kucing Anda untuk perjalanan, tetaplah tenang meskipun Anda sendiri merasa cemas dengan berbagai hal. Kucing menangkap emosi manusia dan kucing Anda mungkin mencerminkan kecemasan dan kepanikan yang Anda tunjukkan.

Kesimpulan

Kucing dan mobil jarang menjadi kombinasi yang baik, dan ada banyak kemungkinan alasan mengapa kucing Anda tidak suka naik mobil. Satu-satunya penyebab kecemasan terbesar pada kucing dalam perjalanan mobil adalah bahwa itu adalah pengalaman yang tidak wajar baginya.

Cobalah membuat mereka tidak peka terhadap pengalaman itu, tambahkan beberapa kenyamanan dari rumah, dan bersikaplah tenang sebelum dan selama perjalanan untuk membantu menjadikan pengalaman itu lebih positif bagi kucing Anda. Anda berdua akan mendapat manfaatnya.

Komentar Anda