7 Perlengkapan Dasar Memelihara Ikan Koi yang Wajib Dimiliki

Koi adalah ikan hias cantik yang terutama dipelihara di kolam atau sistem akuaponik. Mereka hadir dalam berbagai warna, bentuk, dan ukuran dan dapat menjadi ikan yang bagus untuk penggemar ikan pemula yang ingin memelihara ikan yang indah di kolam.

Panduan Memelihara Ikan Koi

Sebelum membeli ikan koi untuk kolam Anda, Anda perlu memiliki perlengkapan dasar dan sedikit pengetahuan tentang cara menggunakannya. Untungnya, koi adalah hewan peliharaan yang mudah dirawat setelah Anda memiliki semua peralatan yang Anda butuhkan.

Ini adalah peralatan penting yang akan memudahkan perawatan kolam dan ikan koi Anda. Semua perlengkapan memelihara ikan koi ini bisa dengan mudah Anda beli di toko ikan hias terdekat. Langsung saja kita bahas satu per satu yuk.

Peralatan Memelihara Ikan Koi

1. Pompa Kolam

Menciptakan air terjun atau air mancur di kolam Anda adalah solusi yang bagus untuk membantu meningkatkan pergerakan air di kolam untuk mencegah air tergenang. Ini akan meningkatkan kualitas air, yang pada gilirannya akan bermanfaat bagi kesehatan ikan koi Anda. Pompa kolam merupakan bagian dari peralatan penting yang wajib Anda miliki.

Meskipun pompa kolam tidak cukup kuat untuk menjadi bagian dari sistem filtrasi kolam Anda, alat ini dapat berfungsi sebagai sistem aerasi untuk meningkatkan kadar oksigen di kolam Anda. Pompa kolam juga dapat digunakan untuk menyebarkan obat-obatan air ke seluruh air, seperti halnya filter di akuarium ikan.

2. Filter

Filter menyediakan tiga jenis filtrasi untuk kolam ikan koi Anda, yaitu filtrasi mekanis, biologis, dan kimia. Filter bekerja dengan cara membantu menjaga air tetap bersih dan menghilangkan kotoran dan sampah, sehingga air akan tetap jernih dan bebas dari kontaminan berbahaya.

Jenis filter yang Anda pilih akan tergantung pada ukuran kolam Anda karena filter kecil yang ditempatkan di kolam besar tidak akan dapat bekerja dengan optimal dan perlu dibersihkan lebih sering. Ketika menyetup filter, semakin banyak kamar atau bak filtrasi yang Anda buat, maka semakin baik hasil penyaringannya, terutama jika Anda memiliki banyak ikan koi.

3. Pakan dan Suplemen

Ikan koi di kolam

Ikan koi adalah omnivora dan membutuhkan makanan yang kaya akan bahan nabati dan hewani. Pakan adalah perlengkapan yang mungkin perlu Anda beli setiap bulan alias berkelanjutan, tergantung pada jumlah koi yang harus Anda beri makan setiap hari.

Koi akan suka makan berbagai makanan yang mengandung suplemen untuk memastikan mereka tetap sehat. Anda juga dapat melengkapi makanan ikan koi Anda dengan ganggang, larva, dan serangga untuk meningkatkan asupan proteinnya.

4. Obat-obatan Air

Perawatan air penting untuk ikan koi, terutama saat Anda pertama kali membuat kolam. Perawatan ini dapat mencakup obat deklorinator atau anti-klorin yang bisa menghilangkan klorin yang ditemukan di sebagian besar sumber air, terutama air ledeng, bersama dengan jejak logam berat.

Anda juga perlu menggunakan anti-klorin saat melakukan penggantian air dan menambahkan air baru ke dalam kolam untuk mengikat dan mendetoksifikasi kadar klorin.

5. Perlengkapan Kebersihan

Kolam wajib memiliki lubang drainase, yang dapat berguna jika Anda ingin mengisi ulang kolam sebelum mengisinya dengan ikan koi. Namun Anda juga butuh siphon alias penyedot air untuk melakukan penggantian air kolam secara praktis. Perlengkapan lainnya yang Anda butuhkan adalah pengikis ganggang dan obat penjernih air (sekaligus anti-bakteri) yang bisa membantu menjaga kolam Anda tetap bersih.

6. Serok

Serok selalu dibutuhkan saat memelihara ikan, tetapi untuk ikan koi Anda harus menggunakan serok besar. Alat ini dapat digunakan saat memindahkan koi Anda dari kantong plastik saat Anda membelinya atau jika Anda perlu memindahkan ikan ke tempat lain.

Anda juga membutuhkan akuarium karantina jika ikan koi Anda jatuh sakit dan perlu diawasi dengan ketat dan diobati. Serok dapat berguna jika Anda ingin melihat badan ikan koi Anda secara lebih baik, mungkin untuk memeriksa apakah mereka menunjukkan tanda-tanda penyakit atau sirip rusak.

7. Obat-obatan Ikan

Seperti semua ikan, koi rentan terhadap penyakit. Jadi Anda perlu menyimpan obat ikan umum jika ikan koi Anda jatuh sakit. Obat-obatan ini tidak dipakai untuk mengobati jenis penyakit tertentu, melainkan mengandung bahan-bahan yang dapat mengobati berbagai penyakit yang dapat mempengaruhi koi.

Pada tahapan selanjutnya, Anda dapat membeli obat-obatan khusus untuk menangani penyakit spesifik, misalnya methylene blue untuk bintik putih dan garam ikan untuk mengatasi stres dan memerangi bakteri berbahaya.

Sebagian besar perlengkapan ini adalah perlengkapan sekali beli, seperti filter, serok, siphon, dan pompa kolam. Namun makanan ikan, obat perawatan air, dan obat-obatan ikan perlu dibeli setiap bulan ketika sudah habis. Setelah Anda menyiapkan ini semua, Anda pun bisa memulai hobi baru Anda memelihara ikan koi!

Komentar Anda