4 Tips Merawat Tanaman Akuatik Amazon Sword di Akuarium

Amazon sword adalah tanaman air populer yang mudah ditemukan untuk akuarium atau aquascape Anda. Tanaman ini bisa diperbanyak dengan mudah dan mudah dirawat, menjadikannya pilihan tanaman yang bagus untuk pemula. Amazon sword tersedia dalam berbagai varietas dengan berbagai ukuran dan bentuk daun.

Tanaman Amazon Sword Murah Rimbun

Jika Anda tertarik untuk menambahkan tanaman akuatik yang ramah pemula ke akuarium Anda, teruslah membaca artikel ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang tanaman Amazon sword

Parameter Air untuk Amazon Sword

Sesuai namanya, ini adalah tanaman tropis. Amazon sword harus ditanam di air dengan suhu berkisar antara 22-28 °C, menjadikan tanaman ini ideal untuk akuarium air tawar tropis. Mereka lebih menyukai pH antara 6,5-7,5, meskipun dapat mentolerir pH serendah 6,0 dan setinggi 8,0.

Pencahayaan untuk Amazon Sword

Meskipun mudah dirawat, Amazon sword membutuhkan lebih banyak pencahayaan daripada banyak tanaman lainnya. Mereka lebih menyukai pencahayaan sedang hingga kuat, setidaknya selama 10 jam per hari, tapi juga menoleransi pencahayaan sedang sampai tinggi hingga 12 jam per hari.

Cahaya berlebih dapat menyebabkan pertumbuhan alga dan dapat membakar daun tanaman ini. Dengan perawatan yang tepat, Amazon sword dapat mencapai tinggi 30-50 cm dan dapat memenuhi akuarium Anda dengan tanaman baru.

Tips Perawatan Tanaman Amazon Sword

1. Pilih Lokasi

Tanaman Amazon sword direkomendasikan untuk digunakan sebagai tanaman tengah dan latar belakang, tergantung pada ukuran dan pengaturan akuarium. Pilih lokasi yang memungkinkan tanaman memberikan perlindungan bagi ikan Anda dan meningkatkan keindahan akuarium tanpa menghalangi pandangan akuarium.

Anda juga harus memilih lokasi yang memiliki akses ke jumlah cahaya yang dibutuhkan tanaman ini. Hindari memilih lokasi yang memiliki tanaman lebih besar atau tanaman terapung yang dapat menghalangi cahaya mencapai Amazon sword, terutama saat masih kecil.

2. Tanam di Lokasi

Harga Tanaman Amazon Sword

Tanaman ini membutuhkan beberapa bentuk substrat untuk membantu menahannya di tempat. Dalam akuarium berisi ikan yang rentan mencabuti tanaman, Anda dapat menambahkan pemberat tanaman ke dasar tanaman untuk membantu menahannya di substrat. Pastikan bobotnya tidak menekan tanaman atau menghambat pertumbuhan tanaman itu sendiri atau akarnya.

Amazon sword lebih menyukai substrat yang padat, seperti pasir, atau substrat khusus tanaman. Tanaman ini bisa tumbuh di kerikil, tetapi mungkin tumbuh lebih lambat. Hindari menempelkan substrat di sekitar mahkota atau bagian atas akar yang terhubung ke daun karena ini dapat menghambat pertumbuhan tanaman.

3. Beri Pupuk Tanaman

Amazon sword pada dasarnya makan lewat akar, yang berarti mereka mengambil nutrisi dari substrat alih-alih kolom air. Mereka tumbuh paling baik dengan root tab (pupuk tablet akar) atau substrat yang diperkaya yang mengandung makanan nabati.

Pupuk cair yang ditambahkan langsung ke air juga dapat membantu mendukung pertumbuhan tanaman Amazon sword Anda, tetapi akan kurang efektif dibandingkan dengan pupuk tablet akar.

4. Berikan Pencahayaan yang Tepat

Langkah terakhir untuk menumbuhkan tanaman Amazon sword Anda adalah memberikan pencahayaan yang tepat. Karena tanaman ini membutuhkan pencahayaan sedang hingga tinggi setidaknya selama 10 jam per hari, Anda harus memastikan bahwa tanaman Anda berada di lokasi yang mendapat banyak cahaya.

Anda juga perlu menyediakan lampu akuarium yang cukup kuat untuk menyediakan energi bagi tanaman Anda.

Tankmate untuk Amazon Sword

Banyak ikan air tawar tropis bisa menjadi teman seakuarium yang baik untuk tanaman Amazon sword Anda. Karena akan menghasilkan stolon (runner) untuk membuat tanaman baru, satu Amazon Sword dapat memenuhi akuarium Anda hanya dalam beberapa bulan.

Ketinggian dan kepenuhan tanaman ini memberikan perlindungan bagi ikan Anda, serta menjadi tempat yang baik untuk mengumpulkan biofilm bagi penghuninya seperti udang dan siput.

Ikan yang rentan mencabut tanaman kurang cocok dengan tanaman Amazon sword, tetapi ini adalah tanaman kuat yang kemungkinan besar akan tumbuh kembali setelah dicabut atau daunnya dimakan.

Banyak orang menganggap Amazon Sword sebagai tanaman yang cocok untuk akuarium ikan mas koki karena ikan dapat mengemilnya dan bisa sangat bergizi untuk mereka. Namun ikan mas koki dapat membunuh tanaman Amazon sword jika tidak diberi pilihan lain untuk dimakan.

Kesimpulan

Amazon sword adalah tanaman ramah pemula yang cocok untuk berbagai lingkungan akuarium air tawar tropis. Tanaman ini mudah tumbuh dan dengan senang hati akan menghasilkan tanaman baru untuk Anda dengan perawatan yang tepat.

Amazon sword adalah pemakan lewat akar, yang berarti Anda harus memastikan bahwa substrat Anda diperkaya dengan nutrisi atau pupuk. Tambatkan tanaman Anda dengan aman di tempatnya dan pilih lokasi di akuarium Anda yang akan memberi tanaman Anda banyak cahaya untuk mendorong pertumbuhannya.

Komentar Anda