Panduan Lengkap Perawatan Kelinci Holland Lop dan Fakta Lainnya

Holland Lop adalah kelinci bertelinga lop (menggantung) terkecil. Ras kelinci kerdil yang lucu nan menggemaskan ini berasal dari Belanda dan telah menjadi hewan peliharaan yang sangat populer di seluruh dunia.

Kelinci Holland Lop dewasa memiliki berat hanya 0,9-1,8 kg, dan mereka memiliki sifat ramah, aktif, dan manis, yang menjadikannya hewan peliharaan yang ideal untuk keluarga dengan anak kecil atau keluarga yang hanya memiliki ruangan kecil di rumah.

Harga kelinci Holland Lop

Sejarah dan Asal Usul Kelinci Holland Lop

Holland Lop pertama kali dibiakkan di Belanda oleh Adrian de Cock. Dia menginginkan versi yang lebih besar dari kelinci Netherland Dwarf, dengan telinga ala kelinci French Lop. Akhirnya, dengan sejumlah penguatan breed dari English Lop, dia pun berhasil.

Holland Lop diakui oleh Netherlands Governing Rabbit pada tahun 1964 dan kemudian diakui oleh American Rabbit Breeders Association pada tahun 1979. Mereka dibiakkan secara khusus sebagai hewan peliharaan, sehingga mereka tidak hanya lucu, tetapi juga ramah dan mudah dirawat.

Ciri-ciri Kelinci Holland Lop

Ukuran

Holland Lop adalah kelinci kerdil, jadi tingginya hanya sekitar 10-12 cm dan panjangnya 25-30 cm saat diregangkan. Beratnya hanya 1,8 kg.

Tubuh

Holland Lop memiliki tubuh kompak yang kuat untuk ukurannya, kira-kira selebar tingginya. Rasio tubuh terhadap kepalanya adalah sekitar 2:1. Mereka memiliki hidung pendek bulat dan telinga panjang berbentuk almond.

Bulu dan Warna

Holland Lop tersedia dalam berbagai warna dan pola, dan memiliki bulu lembut yang panjangnya pendek atau sedang.

Perangai

Holland Lop adalah kelinci yang aktif untuk ukuran mereka dan suka banyak olahraga. Mereka suka perhatian dan berkarakter ramah serta baik hati. Kelinci ini juga dikenal sedikit ingin tahu, yang bisa membuat mereka mendapat masalah.

Banyak orang lebih menyukai Holland Lop yang aktif, ramah, ingin tahu, dan manis daripada breed yang sedikit lebih pasif.

Masa hidup

Kelinci Holland Lop hidup selama sekitar 5-7 tahun.

Perawatan Kelinci Holland Lop

Kelinci Holland Lop dikenal relatif mudah dirawat di antara kelinci hias lain, yang merupakan alasan lain mengapa mereka menjadi hewan peliharaan yang populer. Mereka tidak rentan terhadap penyakit keturunan. Bulu serta cakar mereka mudah dirawat. Jika Anda sudah terbiasa merawat kelinci, itu akan sangat mudah.

Berikut adalah tips perawatan kelinci Holland Lop:

Bulu

Gambar kelinci Holland Lop

Holland Lop tidak memiliki bulu yang panjang dan bulunya tidak mudah kusut, namun tetap membutuhkan perawatan bulu. Seperti kucing, bulu kelinci harus disikat secara teratur untuk mengurangi jumlah bulu yang mereka makan saat mereka merawat diri (grooming). Anda harus menyikat Holland Lop Anda seminggu sekali, dan lebih sering selama musim perontokan bulu.

Menyikat gigi juga merupakan waktu yang tepat untuk memeriksa Holland Lop Anda. Periksa gigi, kaki, dan seluruh tubuhnya memastikan kondisi kesehatannya.

Cakar

Kelinci peliharaan yang dipelihara di dalam ruangan sering berisiko memiliki cakar yang tumbuh terlalu besar yang dapat menjadi menyakitkan. Kuku harus dipotong setiap satu atau dua bulan dan diperiksa secara teratur.

Gigi

Seperti halnya kuku, gigi kelinci bisa tumbuh terlalu panjang jika makanannya terlalu lunak. Menyediakan banyak jerami dan mainan kunyah yang sehat membantu mencegah masalah gigi.

Olahraga

Holland Lop membutuhkan banyak olahraga dan aktivitas. Pastikan mereka memiliki banyak ruang di rumahnya, dengan mainan yang menyenangkan dan menarik. Jika mereka tinggal di dalam ruangan, pertimbangkan untuk menggunakan kandang umbaran di luar ruangan sehingga mereka dapat bermain lebih bebas selama satu atau dua jam sehari.

Kesehatan

Holland Lop rentan terhadap penyakit kelinci yang khas, jadi mereka harus diamati dengan cermat untuk melihat setiap perubahan dalam kebiasaan makan atau minum atau perubahan perilaku.

Inspeksi bulanan bulu, tubuh, gigi, dan cakar mereka selalu merupakan hal yang bagus. Semua kelinci memerlukan pemeriksaan kesehatan ke dokter hewan minimal setahun sekali.

Kebiri

Memandulkan atau mensterilkan kelinci Anda dapat membantu mencegah beberapa risiko kesehatan dan memberi mereka temperamen yang lebih seimbang. Tetapi penting untuk menemukan dokter hewan yang tepat dan mendiskusikan pilihan Anda.

Makanan

Semua kelinci membutuhkan air bersih dan segar dalam jumlah tak terbatas. Beberapa kelinci Holland Lop mungkin memiliki masalah pencernaan, dan kebanyakan kelinci lebih baik diberi makanan yang sehat dan konsisten alih-alih makanan dengan banyak variasi.

Pilih pelet yang sangat berkualitas dengan protein rendah, serat tinggi, dan jumlah vitamin dan mineral yang seimbang. Periksa bahan pelet kelinci Anda, untuk memastikan kualitasnya tinggi dan alami.

Setelah pelet, pilih jerami berkualitas tinggi. Kelinci membutuhkan jerami dalam makanannya untuk mendukung sistem pencernaannya, dan jerami timothy adalah yang terbaik untuk gigi Holland Lop. Jika pelet mereka mengandung jerami alfalfa, jangan berikan jerami alfalfa tambahan.

Anda dapat memberikan camilan sesekali kepada kelinci Holland Lop dewasa, tetapi hindari memberikannya kepada kelinci remaja.

Pertanyaan-pertanyaan Terkait

Apakah Kelinci Holland Lop bisa menjadi hewan peliharaan yang baik?

Kelinci Holland Lop adalah salah satu ras kelinci terbaik untuk dijadikan hewan peliharaan. Mereka ramah, perawatannya mudah, dan menggemaskan.

Seberapa besar kandang yang dibutuhkan Holland Lop?

Semua kelinci membutuhkan kandang yang cukup besar untuk melompat dan untuk meregangkan tubuh sepenuhnya. Sebagai aturan, kelinci membutuhkan kandang yang berukuran 4 kali lebih besar dari kelinci, jadi Holland Lop harus memiliki kandang minimal 1 meter persegi.

Apa yang dibutuhkan kelinci Holland Lop?

Kelinci Holland Lop membutuhkan kandang yang kokoh dengan ruang untuk berolahraga, makan, minum, tidur, dan buang kotoran. Mereka membutuhkan banyak air tawar serta jerami timothy dan pelet kelinci untuk makan.

Mereka juga membutuhkan jerami untuk alas tidur, beberapa mainan untuk bermain dan mengunyah, dan sikat untuk menyisir bulu mereka. Kelinci membutuhkan banyak cinta, kasih sayang, dan perhatian.

Kesimpulan

Kelinci Holland Lop adalah teman yang sempurna sebagai hewan peliharaan. Makhluk jinak ini menunjukkan banyak cinta dan kasih sayang kepada mereka yang merawatnya. Menyediakan kebutuhan dasar mereka seperti air bersih dan jerami akan dengan mudah membuat mereka tunduk pada perhatian Anda.

Komentar Anda