Berapa Lama Paus Bisa Menahan Nafas di Air?

Lautan adalah rumah bagi beragam hewan yang luar biasa, besar, kecil, dan mikroskopis! Beberapa spesies paus adalah raksasa lautan. Faktanya, paus biru adalah mamalia terbesar di bumi. Kebanyakan orang mengasosiasikan laut dengan ikan dan makhluk non-mamalia lainnya, tetapi laut juga merupakan rumah bagi beragam kelompok mamalia yang bernapas di udara!

Pernafasan paus

Dalam artikel ini, kami akan fokus secara khusus untuk menyelami pertanyaan “berapa lama paus bisa menahan napas?” Berkat adaptasi tertentu, paus mampu menahan napas untuk waktu yang lama, memungkinkan mereka untuk tetap berada di dalam air hingga berjam-jam.

Waktu terlama yang dicatat paus dalam menahan napas adalah 222 menit! Rekor ini dibuat oleh paus Cuvier’s beaked. Tetapi spesies yang berbeda memiliki kecenderungan yang berbeda dalam hal menyelam dan berapa lama mereka akan tinggal di dalam air. Misalnya, paus sperma dapat bertahan selama sekitar 90 menit, sedangkan paus bungkuk dapat menahan napas selama sekitar satu jam.

Apakah paus memiliki paru-paru?

Ya. Tidak seperti ikan, paus tidak bisa bernapas di dalam air. Misalnya, hiu memiliki insang yang mengambil oksigen dari air. Tetapi paus memiliki paru-paru yang mereka gunakan untuk menghirup udara seperti halnya manusia dan mamalia lainnya.

Seberapa besar paru-paru ikan paus?

Meskipun ukurannya besar, paus cenderung tidak memiliki paru-paru yang sangat besar dibandingkan dengan tubuhnya. Paru-paru manusia merupakan 7% dari ruang di tubuh kita, sedangkan paru-paru paus hanya menempati sekitar 3% dari ruang di tubuh mereka.

Meskipun demikian, paru-paru paus sangat besar dibandingkan dengan hewan lain, karena paus sendiri sangat besar! Paus biru memiliki paru-paru yang mampu menampung sekitar 5.000 liter!

Paus apa yang bisa menahan napas paling lama?

Penyelaman terlama yang pernah tercatat dilakukan oleh paus Cuvier’s beaked yang bertahan di dalam air selama hampir empat jam! Penyelaman ini berlangsung total 222 menit dan diamati pada September 2020. Sebelumnya, rekor penyelaman terlama juga dipegang oleh paus Cuvier’s beaked yang berhasil bertahan di dalam air selama 138 menit.

Paus biru dapat menahan napas selama sekitar 90 menit, tetapi biasanya tidak lebih dari 30 menit di dalam air setiap kali.

Seberapa dalam paus bisa menyelam?

Penyelaman terdalam yang pernah tercatat adalah 2.992 meter. Penyelaman pemecah rekor ini dilakukan oleh paus Cuvier’s beaked, yang juga merupakan spesies paus yang memegang rekor waktu terlama yang dihabiskan di dalam air dalam sekali tarikan napas! Sebagai perbandingan, penyelaman manusia terdalam yang pernah tercatat adalah 332 meter.

Sementara meski paus Cuvier’s beaked cenderung melakukan penyelaman yang dalam, para ilmuwan mengatakan bahwa penyelaman sedalam 2.992 meter ini tidak biasa dan bahwa rata-rata paus Cuvier’s beaked cenderung hanya menyelam hingga sedalam sekitar 2.000 meter. Paus sperma cenderung menyelam hingga sedalam 1.000-2.000 meter, sedangkan paus bungkuk cenderung bertahan di atas 200 meter.

Bagaimana cara paus bernafas?

Paus bernafas

Paus bernapas dengan paru-paru mereka, seperti semua mamalia. Namun paus tidak bernapas melalui lubang hidung atau mulutnya seperti kebanyakan mamalia. Sebaliknya, paus memiliki lubang sembur yang terletak di bagian atas kepala mereka. Lubang sembur ini adalah lubang hidung khusus yang memungkinkan paus menghirup udara saat berada di permukaan.

Lubang sembur ditutupi oleh penutup berotot yang menutup lubang sembur saat paus berada di bawah permukaan air untuk mencegah paus menghirup air. Lubang sembur terhubung ke trakea yang mengalirkan udara ke paru-paru.

Paus juga menggunakan lubang semburnya untuk menghembuskan napas, di mana mereka akan meniupkan udara dengan keras dan tajam, sering kali mengeluarkan aliran kabut ketika mereka pertama kali mencapai permukaan.

Bagaimana paus bisa menahan napas begitu lama?

Paru-paru dan sistem pernapasan paus sangat efisien yang memungkinkan mereka memanfaatkan setiap napas secara maksimal, memungkinkan mereka bertahan di dalam air lebih lama. Otot paus memiliki konsentrasi mioglobin yang tinggi, protein yang menyimpan sel darah merah yang kaya oksigen.

Konsentrasi mioglobin yang tinggi memungkinkan paus menyerap sebanyak 90% oksigen dalam sekali tarikan napas. Sebaliknya, manusia hanya menyerap sekitar 5% oksigen dalam setiap napas!

Tidak hanya itu, paus mampu memperlambat detak jantung mereka dan saat menyelam aliran darah terbatas pada ekstremitas tertentu. Modifikasi ini memungkinkan setiap napas untuk melangkah lebih jauh dan memungkinkan begitu banyak waktu di antara napas!

Seberapa sering paus bernafas?

Ini tergantung pada apakah paus ingin tetap berada di perairan dangkal atau menyelam lebih dalam. Biasanya, saat berenang di kedalaman yang lebih dangkal, paus akan muncul di udara setiap 5-15 menit.

Tetapi ketika melakukan penyelaman yang lebih dalam atau ketika mereka perlu berada di dalam untuk waktu yang lebih lama, paus akan muncul untuk menghirup udara dan dapat bertahan di bawah selama 30 menit, 60 menit, atau terkadang lebih lama.

Bagaimana cara paus tidur?

Pola tidur paus agak menjadi misteri. Pola tidur tampaknya berbeda antar spesies dan sebagian besar pengamatan yang dilakukan terhadap paus tidur berasal dari akuarium dan kebun binatang di mana paus dapat dipantau 24/7.

Para ilmuwan yang bekerja dengan paus penangkaran telah menemukan bahwa paus hampir memasuki keadaan setengah sadar, di mana mereka akan tetap membuka satu mata dan tampaknya setengah dari otak mereka “aktif,” memungkinkan mereka untuk tetap waspada.

Namun para ilmuwan telah mengamati paus liar yang tidur secara vertikal di dekat permukaan dengan kepala mengarah ke permukaan. Dalam satu kasus, peneliti menemukan sekelompok paus yang tidur secara vertikal yang tampaknya tidak menyadari kehadiran mereka; menunjukkan bahwa beberapa paus masuk ke dalam keadaan tidur nyenyak.

Bagaimana cara paus tidur tanpa tenggelam?

Tidak seperti mamalia darat, bernapas adalah aktivitas sadar bagi paus, artinya mereka harus aktif berpikir untuk bernapas. Inilah salah satu alasan mengapa para peneliti percaya bahwa paus mungkin tidur dalam keadaan setengah sadar, dengan satu mata terbuka dan satu bagian otak mereka aktif.

Tidak hanya itu, kebanyakan paus cenderung hanya tidur sebentar, yang seringkali berada dalam ambang batas berapa lama paus dapat menahan napas.

Berapa lama paus tidur?

Tidak seperti manusia, paus tampaknya tidak membutuhkan banyak tidur! Sebagian besar paus tidur dalam waktu singkat dan akan tidur siang selama 10 hingga 15 menit setiap kali. Namun beberapa paus telah diamati tertidur hingga satu jam.

Kesimpulan

Paus, bersama dengan mamalia laut lainnya, memiliki modifikasi dan perilaku luar biasa yang memungkinkan mereka berkembang di lingkungan laut yang keras, dengan beberapa paus mampu bertahan di dalam air selama hampir empat jam setiap kali!

Mampu bertahan di dalam air untuk jangka waktu yang lama memungkinkan paus untuk melakukan aktivitas biologis yang penting, seperti mencari makanan, dan untuk bepergian dengan aman di perairan di mana bahaya tabrakan dengan perahu bisa terjadi.

Komentar Anda