12 Jenis Anjing yang Mulai Langka dan Terancam Punah

Menurut data registrasi anjing baru-baru ini dari American Kennel Club (AKC), lebih dari setengah registrasi anjing purebred setiap tahun hanya berasal dari 10 ras. Daftar itu mencakup beberapa ras anjing favorit seperti Labrador Retriever, German Shepherd, dan Yorkshire Terrier.

Trah anjing langka

Semua orang menyukai anjing Lab dan Boxer, tetapi bagaimana dengan ras lainnya yang kurang populer? Breed mana yang mengalami penurunan jumlah registrasi setiap tahun? Data AKC dapat menunjukkan kepada kita breed mana yang memiliki jumlah registrasi sangat rendah, seringkali kurang dari 100 di dunia.

UK Kennel Club sedikit lebih teliti. Salah satu misinya adalah melestarikan breed anjing dari Inggris dan Irlandia yang terancam punah. Dengan merilis data jumlah registrasi untuk breed yang kurang dikenal setiap tahun, diharapkan ini dapat mendorong pecinta anjing dan breeder untuk menjaga genotipe-genotipe langka ini tetap hidup.

Artikel ini membahas 12 ras anjing paling langka yang masih ada saat ini. Masing-masing ras ini terancam punah dalam satu generasi, tetapi untuk saat ini mereka masih ada untuk menghangatkan hati kita.

1. Dandie Dinmont Terrier

Anjing langka Dandie Dinmont Terrier

Dandie adalah salah satu ras terrier paling langka di dunia. Anjing lucu nan menggemaskan ini dulunya adalah anjing pekerja, yang berburu hewan pengerat dengan tekad yang kuat. Saat ini, mereka lebih cenderung tampil sebagai hewan peliharaan keluarga.

Terrier yang populer secara global seperti Yorkie terkenal saat ini karena diekspor dari Inggris sebelum tahun-tahun perang. Dandie tidak seberuntung itu. Penjatahan makanan selama Perang Dunia Pertama dan Kedua memaksa peternak untuk berhenti mengawinkan mereka.

2. Glen of Imaal Terrier

Irish Glen of Imaal Terrier

Jika Anda menyukai Terrier tetapi menganggap Yorkie terlalu sebagai “diva” untuk selera Anda, Glen of Imaal Terrier yang lebh membumi ini mungkin cocok untuk Anda. Berasal dari daerah terpencil Irlandia dengan nama yang sama, anjing-anjing ini -disebut “Glens” oleh para pengagum mereka- mungkin mengingatkan Anda pada anjing-anjing kokoh dari buku anak-anak tercinta tentang kehidupan pertanian.

Seperti banyak Terrier lainnya, Glens menderita selama penjatahan masa perang, dan UK Kennel Club sekarang menganggap mereka berisiko punah.

3. German Pinscher

Anjing langka German Pinscher

Pada tahun 2003, German Pinscher dinobatkan sebagai Endangered Dog of the Year (Anjing Terancam Punah Tahun Ini) oleh penyelenggara National Purebred Dog Day. Trah ini, yang sering keliru dianggap sebagai Doberman, memiliki kisah sengsara yang serupa dengan banyak trah lainnya: Perang Dunia menghancurkan Jerman dan membunuh anak-anak anjing baru.

Selama kira-kira sepuluh tahun (1949 hingga 1958), tidak ada satu pun German Pinscher yang tertolong. Trah ini punah secara fungsional sampai Werner Jung menyelundupkan beberapa jenis Pinscher lain dari Jerman Timur yang dikuasai Soviet, dan menggunakannya untuk membiakkan anak anjing German Pinscher. Hampir semua German Pinscher saat ini adalah keturunan dari kelompok anakan pertama Jung.

4. Skye Terrier

Anjing langka Skye Terrier

Skye Terrier yang sangat menggemaskan ini memadukan perawakan kecil terrier dengan bulu shaggy dari Old English Sheepdog. Dibesarkan sebagai anjing pembasmi, Skye menjadi hewan pendamping bangsawan Inggris dan Skotlandia.

Skye telah menginspirasi banyak legenda Inggris karena mereka memiliki rambut. Mary, Ratu Skotlandia, konon membawa satu ekor ke eksekusinya. Seekor Skye bernama Greyfriars Bobby menghabiskan 14 tahun menjaga makam pemiliknya di Edinburgh. Ratu Victoria terkenal menyukai mereka dan mempopulerkan varietas dengan telinga runcing.

Di zaman modern, Skye Terrier semakin terpinggirkan saat generasi anjing desainer baru menjadi populer. Namun para pecinta Skye bekerja keras untuk membangkitkan popularitas trah ini lagi.

5. Chinook

Anjing langka Chinook

Chinook, ras anjing pekerja yang tangguh dan berkepala dingin, adalah favorit di antara penduduk pedesaan New England. Anjing ini terkenal karena kecintaan mereka pada anak-anak dan kemampuan mereka untuk menguasai hampir semua pekerjaan.

Pada tahun 1965, Chinook adalah ras anjing paling langka di dunia. Meski penggemar Chinook telah berhasil menstabilkan populasi anjing ini di dunia, mereka masih berada di peringkat ke-10 terbawah menurut AKC.

6. Bloodhound

Anjing langka Bloodhound

Bloodhound yang selalu kelihatan sedih ini adalah salah satu ras yang paling dikenal di dunia. Mata sedih dan telinganya yang terkulai praktis menciptakan istilah “hangdog.” Terkenal karena membintangi film Disney seperti Lady and the Tramp and The Fox and the Hound, Bloodhound adalah anjing pelacak yang luar biasa, tetapi bukan pemburu. Begitu menemukan buruannya, mereka lebih sering mencoba memainkannya.

Kelembutan ini membuat mereka menjadi hewan peliharaan keluarga yang ideal, tetapi popularitas Bloodhound semakin berkurang. Menurut UK Kennel Club, hanya ada 88 ekor Bloodhound yang didaftarkan pada tahun 2017.

7. Scottish Deerhound

Anjing langka Scottish Deerhound

Deerhound yang baik hati dan berkaki panjang ini sama “Skotlandianya” dengan bagpipe dan caber tossing. Asal-usul mereka hilang dalam kabut waktu, tetapi beberapa mengatakan mereka dibawa ke Skotlandia oleh orang Fenisia 1.000 tahun sebelum Tembok Hadrian berdiri.

Sejak itu, Scottish Deerhound tetap tidak berubah. Para pendukungnya berusaha untuk melestarikan jenis ini sebagai semacam museum sejarah hidup.

8. Curly-coated Retriever

Anjing langka Curly-coated Retriever

Labrador dan Golden mendapatkan semua popularitas di dunia Retriever, tetapi gun dog yang sangat cerdas ini tidak boleh diabaikan. Curly-coated Retriever dikenal karena rambut ikalnya yang lebat, sikapnya yang “angkuh,” dan tingkat energinya yang tinggi, menjadikannya hewan peliharaan yang baik untuk keluarga besar pelari dan pejalan kaki.

9. Sussex Spaniel

Anjing langka Sussex Spaniel

Ketika kebanyakan orang pertama kali bertemu Sussex Spaniel, anjing itu bisa tampak seperti anjing pemalas yang lambat. Tapi faktanya mereka membutuhkan sekitar dua jam olahraga setiap hari. Dibesarkan sebagai anjing pemburu burung -pekerjaan yang memberi mereka banyak kesempatan untuk berlari- pendaftaran trah Sussex Spaniel telah menurun seiring dengan popularitas kegiatan berburu di Inggris.

10. Otterhound

Anjing langka Otterhound

Trah anjing pemburu yang energik dan suka bersenang-senang ini selalu langka. Karena keahlian unik Otterhound (berburu dalam kawanan untuk mengusir berang-berang sungai dari area pemancingan yang penuh), para tuan tanah dan penjaga binatang buruannya ingin merahasiakannya.

Pada tahun 1978, ketika pemerintah Inggris melarang perburuan berang-berang, Otterhound tidak lagi populer. Hari ini, kita terutama mengenal breed ini melalui beberapa kelompok anakan yang dikirim ke Amerika. Saat ini jumlah Otterhound di dunia sama sedikitnya dengan bangau Amerika Utara.

11. Pembrokeshire Welsh Corgi

Anjing langka Pembrokeshire Welsh Corgi

Sama seperti perlindungan dari Ratu Victoria yang tidak dapat menyelamatkan jumlah Skye Terrier dari penurunan, cinta Ratu Elizabeth II yang terkenal pada Pembrokeshire Corgi belum berbuat banyak untuk meningkatkan registrasi mereka di seluruh dunia. Meskipun menjadi anjing favorit Ratu dan internet, hanya ada sekitar 300 ekor yang tersisa di Inggris Raya.

12. Smooth Collie

Anjing langka Smooth Collie

Smooth Collie adalah sepupu berambut pendek dari Rough and Border Collie yang lebih terkenal. Collie, secara keseluruhan, telah mengalami penurunan popularitas dalam beberapa tahun terakhir, mungkin karena reputasi mereka sebagai salah satu ras yang menggonggong paling keras.

Penutup: Anjing Terancam Punah

Meskipun trah-trah ini langka sekarang, selalu ada harapan. Setelah revolusi komunis di Cina memusnahkan anjing pendamping kekaisaran negara itu, hanya ada 12 ekor Shih Tzu yang tersisa di dunia. Berkat kerja keras para pecinta anjing, Shih Tzu kini masuk dalam daftar 10 besar tahunan AKC.

Jika Anda mengadopsi ras langka, bersiaplah untuk menjadi duta besarnya. Bersabarlah terhadap orang-orang yang menganggap anjing Anda sebagai ras yang berbeda. Mereka mungkin belum pernah melihat Dandie atau Glen of Imaal sebelumnya.

Jika Anda menyukai jenis anjing yang langka, Anda mungkin bertanggung jawab atas peningkatan popularitasnya. Mendaftarkan anjing Anda ke ajang pertunjukan anjing bisa menjadi hal yang menyenangkan. Mereka akan mendapatkan banyak perhatian yang menonjol dari banyak anjing “pasaran” lainnya.

Komentar Anda