Apakah Anjing Rottweiler Cocok dan Aman untuk Keluarga?

Rottweiler adalah anjing besar dan berotot yang dapat terlihat dan terdengar menakutkan. Ukurannya yang besar dapat membuat banyak orang bertanya-tanya apakah mereka akan menjadi hewan peliharaan keluarga yang baik dan aman. Dan jawaban singkatnya adalah ya.

Anjing Rottweiler Lucu

Rottweiler dapat menjadi hewan peliharaan keluarga yang hebat, tetapi ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan sebelum memilih Rottweiler daripada breed lainnya. Teruslah membaca artikel ini karena kita akan mendiskusikan kebutuhan, temperamen, dan faktor-faktor lain sehingga Anda dapat melihat apakah mereka cocok untuk rumah Anda atau tidak.

Apakah Rottweiler Menjadi Hewan Peliharaan Keluarga yang Baik?

Temperamen Rottweiler dengan Anak-anak

Rottweiler berukuran besar, jadi wajar untuk mengkhawatirkan keselamatan anak di sekitar mereka. Balita dapat dengan mudah terjatuh oleh ras besar apa pun, termasuk Rottweiler, tetapi mereka cukup baik untuk berhati-hati dan dapat menjadi pendamping yang sangat baik bagi seorang anak.

Rottweiler sangat protektif dan dapat banyak menggonggong di sekitar orang asing, jadi mereka mungkin memerlukan periode penyesuaian jika Anda memiliki bayi nanti. Namun selama Rottie Anda disosialisasikan dengan baik sejak masih anak anjing, mereka akan tumbuh memiliki ikatan yang kuat dengan anak-anak.

Rottweiler di Sekitar Hewan Peliharaan Lain

Jika disosialisasikan sejak awal, Rottweiler dapat bergaul dengan baik dengan hewan peliharaan lainnya, dan pengalaman tersebut akan memudahkan Anda untuk membawa lebih banyak hewan peliharaan ke dalam rumah di lain waktu.

Namun Rottie cenderung mengejar kucing yang datang ke halaman dan bisa agresif terhadap anjing lain yang berjenis kelamin sama saat berjalan-jalan, jadi penting untuk menjaga mereka tetap terikat tali. Memiliki hewan peliharaan keluarga lainnya dapat mengurangi perilaku agresif Rottie saat Anda jauh dari rumah.

Perawatan Rottweiler

Bulu pendek Rottweiler Anda tidak perlu perawatan intens, dan penyikatan sesekali saja sudah lebih dari cukup. Sebagian besar ras lain membutuhkan penyikatan yang sering dan bahkan pemangkasan, tetapi bulu Rottweiler tidak pernah sepanjang itu. Rottweiler memang merontokkan bulu, tetapi sebagian besar ahli menganggap mereka perontok bulu sedang.

Anda perlu memandikan anjing ini jika terkena sesuatu yang kotor atau menimbulkan bau, tetapi itu bukan sesuatu yang perlu sering Anda lakukan, dan sering kali Rottie Anda akan menyukainya. Ingatlah untuk menggunakan sampo yang aman untuk hewan peliharaan saat memandikan anjing Anda.

Berapa Banyak Olahraga yang Dibutuhkan Rottweiler?

Harga Anjing Rottweiler

Rottweiler adalah anjing yang cukup aktif dan membutuhkan setidaknya satu jam aktivitas setiap hari. Mereka suka jalan-jalan dan juga akan suka bermain frisbee atau lempar tangkap. Jalan-jalan di alam adalah cara yang bagus untuk membantu anjing Anda mengeluarkan energi yang telah mereka simpan, dan mereka juga senang berenang jika Anda memiliki akses ke air.

Rottweiler yang bosan dapat mulai bertingkah buruk di rumah, dan mereka mungkin mulai mengunyah sesuatu. Anjing yang tidak cukup aktif juga bisa menjadi gemuk, yang menyebabkan beberapa masalah kesehatan, termasuk penyakit kardiovaskular, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, dan masalah persendian. Obesitas anjing adalah masalah utama di Amerika, yang mana lebih dari 40% anjing harus menurunkan berat badannya.

Rottweiler akan lebih mudah beraktivitas jika Anda memiliki keluarga besar dengan anak-anak, terutama jika Anda memiliki halaman yang luas. Jika Anda memiliki beberapa anggota keluarga atau tinggal di apartemen, Anda perlu menyisihkan waktu setiap hari untuk membawa hewan peliharaan Anda berjalan-jalan atau ke taman.

Temperamen Rottweiler

Kebanyakan Rottweiler tenang dan baik hati. Namun peternak dapat membuat mereka menjadi lebih galak, yang biasa terjadi jika mereka akan digunakan untuk menjaga properti. Jika memungkinkan, kami sarankan untuk memberi tahu peternak Anda bahwa Anda sedang mencari hewan peliharaan keluarga saat hendak membeli anjing.

Rottweiler santai dan tidak terlalu peduli dengan apa yang terjadi di luar pandangan mereka, jadi pagar bisa menjadi cara yang bagus untuk mengurangi gonggongan pada kendaraan atau orang yang lewat. Sosialisasi awal akan membantu Rottweiler Anda bergaul lebih baik dengan anak-anak dan hewan peliharaan lainnya dan akan membuat mereka terbiasa dengan keluarga dan teman yang singgah.

Melatih Rottweiler Anda

Rottweiler adalah anjing cerdas yang dapat mempelajari beberapa trik. Yang paling penting untuk diajarkan kepada anjing Anda adalah Come (datang), Down (merendah), Sit (duduk), Heel (jalan di samping kiri), dan Stay (diam di tempat). Setelah anjing Anda memahami perintah ini, mereka akan lebih mudah dikendalikan dalam situasi apa pun.

Adakan sesi latihan singkat selama 5-10 menit dengan anjing Anda setiap hari. Konsistensi penting untuk membuat anjing Anda belajar secara rutin, jadi jangan lewatkan satu hari pun. Minta anjing Anda berdiri di area tertentu dan contohkan apa yang Anda ingin mereka lakukan saat Anda mengulangi perintahnya.

Saat anjing Anda melakukan apa yang diperintahkan, beri mereka hadiah. Anjing Anda memerlukan waktu beberapa minggu untuk mempelajari perintah tersebut, jadi bersabarlah dan jangan pernah marah, atau Rottie Anda tidak akan mau berpartisipasi dalam sesi latihan lagi.

Kesehatan Rottweiler

Rottweiler umumnya adalah anjing yang sehat, tetapi mereka rentan terhadap beberapa masalah karena ukuran dan genetika mereka. Katarak, stenosis aorta, kanker, dan alergi adalah beberapa masalah yang berkaitan dengan genetika, sedangkan displasia pinggul, displasia siku, kembung, osteochondrosis, dan lainnya berkaitan dengan ukurannya.

Menjaga Rottie Anda agar tidak kelebihan berat badan dapat membantu mengurangi risiko masalah terkait ukuran, sementara pembiakan yang baik membantu mengurangi resiko kelainan genetik.

Kesimpulan

Rottweiler bisa menjadi anjing keluarga yang fantastis. Trah ini sangat setia dan akan melindungi keluarga Anda dengan nyawa mereka. Cerdas, bisa belajar banyak trik, dan suka bermain-main dengan anak-anak. Sosialisasi awal akan membantu memastikan Rottie Anda rukun dengan hewan peliharaan keluarga lainnya dan merasa nyaman saat Anda kedatangan tamu.

Rottweiler membutuhkan perawatan yang sangat sedikit dan cukup sehat dengan umur 8-10 tahun. Anda perlu menyisihkan waktu setiap hari untuk berjalan-jalan atau berlari dengannya agar Rottie Anda tidak kelebihan berat badan. Umumnya, kebanyakan orang yang memelihara anjing ini akan menikmati kebahagiaan yang diberikan Rottie kepada mereka.

Komentar Anda