Apakah Sabun Tangan Beracun untuk Kucing? Apa Resikonya?

Kucing Anda bermain-main di tempat yang tidak seharusnya; sekarang dia jadi kotor dan Anda pun terpaksa harus membersihkannya lagi. Anda berharap bisa mengelap cepat tubuhnya dengan sabun tangan. Ini lembut di tangan kita, jadi seharusnya tidak apa-apa, kan? Sayangnya, tidak demikian.

Mencuci kucing dengan sabun

Beberapa sabun tangan mengandung bahan kimia yang dirancang untuk memecah lemak dan kotoran, dan kita tidak menganggapnya berbahaya karena kita tidak menjilati diri sendiri seperti yang dilakukan kucing.

Meskipun Anda dapat menggunakan sabun tangan untuk kucing dalam keadaan darurat, sebaiknya gunakan sabun yang diformulasikan khusus untuk kucing. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang sabun tangan dan kucing, baca terus artikel ini.

Tanda-tanda Keracunan Akibat Menelan Sabun

Meski Anda sudah berhati-hati untuk memandikannya dengan produk khusus kucing dan menjauhkannya dari segala sesuatu yang berbahaya, kucing Anda mungkin masih terpapar pada sesuatu yang berbahaya yang membuatnya sangat ingin mencicipinya.

Kecil kemungkinannya kucing akan menelan sabun tangan, tetapi kecelakaan bisa saja terjadi, dan penting untuk mengetahui apa yang harus diwaspadai. Menurut Pet Poison Helpline, tanda-tanda umum dari konsumsi sabun yang berbahaya adalah:

  • Mengiler
  • Rasa terbakar di mulut
  • Menggigit mulut
  • Kehilangan atau kurang nafsu makan
  • Muntah
  • Kelesuan
  • Sulit bernafas

Jika kucing Anda mengalami gejala-gejala ini, segera hubungi dokter hewan Anda.

Bagaimana Cara Harus Membersihkan Kucing?

Kucing jarang perlu dimandikan karena mereka adalah groomer yang mahir dan sangat berhati-hati merawat bulunya. Tapi akan ada saat-saat ketika Anda perlu membantu kucing Anda, seperti saat dia sangat kotor, berminyak, atau terkena sesuatu yang berpotensi membahayakannya jika dia menjilatinya hingga bersih.

Selalu pilih sampo atau sabun yang dirancang khusus untuk kucing. Anda bisa mendapatkannya dari toko hewan peliharaan setempat kecuali kucing Anda memiliki masalah kulit khusus, dalam hal ini, mintalah petunjuk dari dokter hewan Anda.

Bagaimana Jika Keadaannya Mendesak?

Sabun Tangan Kucing

Jika Anda dalam keadaan darurat dan tidak bisa mendapatkan sampo atau sabun kucing karena alasan apa pun, Anda dapat menggunakan sedikit sabun cuci piring. Ini harus segera ditindaklanjuti dengan pembilasan menyeluruh sesudahnya. Tentu saja, sampo yang dibuat khusus untuk kucing adalah pilihan yang lebih baik. Sabun cuci piring dapat mengeringkan kulit kucing Anda, membuatnya merasa tidak nyaman dan gatal.

Sabun cuci piring juga dapat digunakan jika Anda ingin membersihkan tumpahan minyak pada bulu kucing Anda, karena sangat efektif untuk menghilangkan lemak dan minyak. Sekali lagi, tidak disarankan untuk menggunakan sabun cuci piring pada kucing, kecuali dalam situasi darurat.

Bilas dan Ulangi

Selalu pastikan untuk membilas kucing Anda secara menyeluruh sesudahnya. Sabun tidak hanya berbahaya jika tertelan, tetapi kucing juga memiliki tingkat pH yang berbeda dengan manusia, sehingga produk ini dapat menyebabkan masalah kulit bagi mereka.

Dalam skenario terburuk, jika Anda menggunakan produk manusia pada kucing Anda secara teratur, itu dapat menyebabkan hilangnya bulu dan munculnya pitak, bulu kering dan gatal, kulit terkelupas, dan bahkan infeksi kulit.

Kesimpulan

Jadi, meskipun sabun tangan bisa menjadi racun bagi kucing jika mereka menelannya, Anda dapat menggunakannya jika Anda sangat membutuhkannya. Pastikan untuk membilasnya secara menyeluruh untuk memastikan tidak ada yang tersisa di kulitnya yang bisa mengiritasi atau pada bulunya yang berpotensi menyebabkan masalah kesehatan jika dia menjilatinya sampai bersih.

Komentar Anda