Apakah Sampo Bayi Aman Dipakai Anjing?

Anjing bukanlah hewan yang paling pandai menjaga kebersihan di dunia. Mereka membutuhkan bantuan kita untuk mandi lebih dari kucing. Tidak jarang anjing Anda pulang dengan bau seperti kotoran atau bangkai hewan. Anjing Anda mungkin senang berguling-guling di kotoran!

Sabun bayi untuk anjing

Betapapun menjijikkannya, ini adalah hal-hal yang dilakukan anjing secara naluriah. Tapi sekarang anjing Anda berbau seperti sampah dan Anda tidak boleh membiarkannya masuk ke rumah Anda. Ini berarti satu hal: anjing itu perlu mandi.

Ada banyak pilihan sampo anjing yang tersedia untuk membantu membersihkan anjing Anda. Tapi apa yang Anda lakukan jika Anda hanya memiliki sampo bayi di rumah?

Bisakah Sampo Manusia Digunakan untuk Anjing?

Kami tidak menyarankan penggunaan sampo manusia pada anjing Anda karena beberapa alasan. Alasan utamanya adalah karena hewan memiliki tingkat pH kulit yang berbeda dengan manusia. Kulit kita berkisar antara 5,4 hingga 5,9 pada skala pH. Ini berarti kulit kita lebih asam. Di sisi lain, kulit anjing lebih basa, antara 5,5 dan 7,2 pada skala pH.

Secara teknis, sampo bayi adalah sampo manusia, tetapi memiliki efek yang berbeda pada hewan daripada sampo orang dewasa. Para ilmuwan telah mendesain sampo bayi untuk membersihkan kulit bayi yang rapuh secara lembut tanpa iritasi berdasarkan tingkat pH kulit bayi.

Tingkat pH kulit bayi lebih tinggi dari kulit orang dewasa, sekitar 6,3 hingga 7,5. Tingkat ini berubah seiring bertambahnya usia. Jadi, apa artinya ini? Karena kulit bayi lebih basa, sampo bayi aman untuk anjing, tetapi kami tidak menyarankan penggunaannya.

Apakah Sampo Bayi Aman untuk Kulit Anjing?

Sampo bayi Anda mungkin tidak beres jika anjing Anda menderita alergi kulit, kulit kering, hot spot, atau lainnya setelah menggunakannya. Sampo bayi bisa membersihkan anjing, tetapi tidak mungkin menenangkan kulitnya. Ingat, itu adalah sampo manusia yang ditujukan untuk penggunaan manusia.

Jika Anda berencana menggunakan sampo bayi untuk memandikan anjing Anda, itu harus dilakukan satu kali. Jika tidak, Anda berisiko mengiritasi kulit anjing Anda. Anjing memiliki kebutuhan yang berbeda, sama seperti manusia. Jika sampo bayi cocok untuk satu anjing, tidak berarti itu akan berhasil pada anjing lain.

Namun ada situasi di mana Anda perlu menggunakan apa yang Anda miliki. Jika yang Anda miliki hanyalah sampo bayi, pastikan itu tidak beraroma. Anda juga dapat mengencerkan sampo untuk menghindari memperparah kulit anjing Anda.

Juga, coba uji sampo di sepetak kulit anjing Anda dan tunggu beberapa menit jika Anda punya waktu. Jika Anda tidak melihat adanya iritasi, Anda bisa menggunakannya pada kulit anjing Anda.

Apakah Sampo Bayi Bisa Membunuh Kutu pada Anjing?

Sabun anjing terbaik

Sampo bayi dapat membunuh kutu pada anjing Anda. Caranya adalah membuat kutu mati lemas menggunakan air sabun hangat. Jadi, bukan sampo bayi yang bekerja. Faktanya, kebanyakan sabun akan membunuh kutu. Anda bisa menggunakan sabun cuci piring merk Dawn untuk membunuh kutu dan Anda mungkin melihat hasil yang sama.

Jika kutu menjadi perhatian, Anda dapat menggunakan pembersih rumah alami sebagai sampo anjing untuk mencegah hama ini. Kombinasi sederhana sampo bayi dan cuka sering kali berhasil!

Alternatif Sampo Anjing yang Aman Lainnya

Penting bagi Anda untuk mengetahui pilihan lain dalam keadaan darurat untuk waktu mandi. Untungnya, Anda dapat menggunakan beberapa produk alami untuk menjaga kebersihan anjing. Anda mungkin sudah memiliki ini semua di rumah.

Cuka: Cuka adalah pembersih anti-bakteri alami yang bekerja dengan baik untuk anjing Anda. Ini juga memiliki sifat anti-jamur dan bahkan dapat mencegah hama seperti kutu. Anda dapat menggunakan campuran air dan cuka suling putih atau cuka sari apel yang diencerkan. Keduanya tidak beracun dan membantu menjaga kebersihan anjing Anda.

Baking Soda: Baking soda atau soda kue, juga dikenal sebagai natrium bikarbonat, sangat baik untuk menyerap bau. Anda bisa menaburkan soda kue ke bulu anjing, memijatkannya ke bulu, dan menyikatnya hingga bersih.

Sabun Castile: Sabun Castile adalah sabun nabati tanpa bahan sintetis. Anda bisa menemukan sabun ini dalam bentuk cair atau batangan di toko online. Keduanya tidak beracun. Pastikan untuk mengencerkan sabun. Jika tidak, itu bisa mengeringkan kulit anjing Anda.

Sabung Cuci Piring (Dawn): Anda mungkin pernah melihat orang membersihkan minyak dari satwa liar menggunakan sabun cuci piring merk Dawn. Sabun Dawn juga bisa membersihkan anjing Anda! Ini bukan sabun yang harus Anda gunakan sepanjang waktu karena dapat menghilangkan minyak alami anjing Anda, tetapi gunakan hanya saat darurat untuk mandi. Jika sabun cuci piring Anda bukan Dawn (Anda bisa membelinya di toko online), kami tidak merekomendasikan untuk menggunakannya.

Penutup

Terkadang kita tidak memiliki apa yang kita butuhkan ketika kita membutuhkannya. Dan tidak masalah. Sampo bayi adalah alternatif yang aman jika Anda tidak memiliki sampo anjing di rumah. Ini cocok dengan tingkat pH kulit anjing Anda, lembut, dan tidak pedih di mata tergantung pada mereknya.

Meskipun ini tidak akan membantu mengatasi kutu, ini dapat secara efektif membersihkan anjing Anda. Pilihan terbaik tentu saja adalah menggunakan sampo anjing, jadi kami mendorong Anda untuk membelinya. Tetapi jika Anda memiliki anjing bau yang sangat membutuhkan mandi, keluarkan sampo bayi Anda dan mulailah menggosok!

Komentar Anda