Pilih Tanaman Asli atau Tanaman Plastik untuk Akuarium Ikan Mas Koki?

Menghias akuarium ikan mas koki bisa sangat menyenangkan, tetapi juga bisa membuat stres ketika ikan Anda yang aktif itu mulai menarik dan mencabut benda-benda keluar dari substrat. Ikan mas koki terkenal suka mencabuti tanaman dan merusak dekorasi, jadi memilih tanaman dan benda dekorasi yang tepat untuk akuarium mereka sangatlah penting.

Akuarium ikan mas koki

Tidak mudah untuk memilih jenis tanaman terbaik untuk ikan mas koki. Banyak orang menggunakan tanaman plastik karena kecil kemungkinannya dirusak oleh ikan mas, tetapi apakah ini adalah pilihan terbaik untuk ikan ini?

Tentang Tanaman Plastik

Tanaman plastik dijual di hampir semua toko ikan di sekitar Anda. Ini adalah pilihan yang baik untuk ikan mas koki karena sebagian besar tanaman plastik dapat menahan ‘penyiksaan’ yang mungkin dilakukan oleh ikan ini. Tanaman plastik dibuat untuk bertahan selama bertahun-tahun, yang dapat menghemat waktu dan uang Anda.

Namun tanaman plastik tidak memiliki manfaat pemurni air seperti tanaman hidup. Benda ini juga bisa memiliki tepian kasar yang dapat menggores sisik atau sirip ikan mas koki Anda. Penting juga untuk diingat bahwa tanaman plastik terbuat dari plastik, yang pastinya kurang ramah lingkungan.

Pilihan Tanaman Plastik

Tanaman Plastik Akuarium

Soal tanaman plastik, Anda memiliki banyak pilihan. Tanaman buatan ini tersedia dalam hampir semua ukuran, warna, dan bentuk, termasuk yang paling aneh sekalipun. Beberapa tanaman plastik mungkin memiliki daun plastik keras, sementara yang lain memiliki daun sutra, yang bisa lebih aman untuk ikan Anda.

Manfaat Tanaman Plastik

Tanaman plastik didesain agar tahan lama, jadi Anda tidak perlu menggantinya secara teratur. Dengan perawatan yang tepat, tanaman plastik bisa bertahan hingga puluhan tahun. Bahkan ikan mas koki terbesar pun Anda tidak akan mampu merobek tanaman plastik dan tanaman ini tidak memerlukan substrat khusus untuk menambatkannya.

Kelebihan Tanaman Plastik:

  • Mudah didapatkan
  • Harganya murah
  • Awet dan tahan lama
  • Tersedia dalam berbagai warna, tekstur, dan ukuran
  • Tidak mudah dirusak oleh ikan mas koki
  • Tidak memerlukan substrat

Kekurangan Tanaman Plastik:

  • Tidak bisa membantu memurnikan air dan menyerap racun
  • Tepi yang kasar dapat melukai ikan mas koki
  • Kurang ramah lingkungan

Tentang Tanaman Hidup

Karena semakin banyak orang tertarik untuk memelihara ikan hias di akuarium, ketersediaan tanaman akuatik pun meningkat. Tanaman air asli mungkin lebih sulit ditemukan daripada tanaman plastik.

Ikan mas koki bisa kasar pada tanaman hidup, jadi penting untuk memilih tanaman yang dapat menahan perilaku mencabut dan menggigiti tanaman pada ikan mas koki Anda. Sebagian besar tanaman hidup aman untuk ikan mas koki dan tidak memiliki tepi atau ujung kasar yang dapat melukai ikan.

Baca Juga: 10 Tanaman Akuarium yang Tidak Butuh Substrat untuk Tumbuh

Pilihan Tanaman Hidup / Tanaman Asli

Tanaman Asli Akuarium Ikan Mas Koki

Tanaman terapung seperti duckweed dan water lettuce kerdil adalah pilihan yang sangat baik untuk akuarium ikan mas koki karena tanaman-tanaman ini akan berkembang biak lebih cepat daripada yang dimakan ikan mas koki Anda. Ini terutama berlaku untuk duckweed.

Tanaman yang tumbuh menempel pada permukaan, seperti Java fern dan anubias, juga cenderung cocok untuk ikan mas koki. Tanaman-tanaman ini tidak menggugah selera makan ikan mas koki Anda, dan beberapa varietas tanaman ini memiliki daun tebal dan kokoh yang tidak menarik. Anubias sering dianggap sebagai pilihan tanaman hidup terbaik untuk akuarium ikan mas koki.

Tanaman lain yang cocok untuk ikan mas koki adalah hornwort, vallisneria, dan water sprite.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Tanaman Akuatik untuk Akuarium

Manfaat Tanaman Hidup

Tanaman hidup adalah cara yang bagus untuk membantu menjaga kualitas air tetap tinggi di akuarium Anda. Banyak tanaman akan menyerap produk kotoran, seperti nitrat, dari air. Ini membantu mengurangi kotoran dan polutan tanpa perlu sering-sering melakukan penggantian air.

Tanaman hidup juga dapat bermanfaat untuk menciptakan lingkungan yang sehat bagi ikan mas koki Anda. Ikan ini suka mengais-ngais dan merumput, sehingga mereka akan menyisir substrat dan memakan tanaman sepanjang hari. Tanaman hidup dapat menciptakan lingkungan hidup yang lebih menyenangkan bagi ikan mas koki.

Kelebihan Tanaman Hidup

  • Mudah didapat
  • Sebagian besar aman untuk ikan mas koki
  • Banyak pilihan yang tahan terhadap ikan mas koki
  • Membantu menjernihkan air
  • Menciptakan lingkungan yang lebih alami dan menyenangkan untuk ikan mas koki

Kekurangan Tanaman Hidup

  • Beberapa jenis tanaman lebih rentan untuk dimakan atau dicabut
  • Perlu lebih sering diganti daripada tanaman plastik (karena rusak atau mati)

Faktor Lain yang Perlu Dipertimbangkan

Ingatlah bahwa tanaman hidup memang membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha perawatan daripada tanaman plastik. Beberapa tanaman hidup mungkin memerlukan suplementasi nutrisi atau substrat khusus, sedangkan tanaman plastik tidak.

Anda mungkin juga perlu meluangkan waktu untuk memperbanyak atau memangkas tanaman hidup Anda guna mempertahankan penampilannya. Tanaman hidup juga membutuhkan pencahayaan khusus, yang tidak dibutuhkan tanaman plastik. Dan dari segi bentuk dan warna, tanaman asli yang alami tidak memiliki varian yang luas seperti tanaman plastik.

Terlepas dari itu, tanaman hidup jauh lebih bermanfaat bagi ikan mas koki Anda daripada tanaman plastik. Selain itu, ini juga lebih baik bagi lingkungan dibandingkan tanaman plastik.

Kesimpulan

Tanaman hidup adalah pilihan yang lebih baik untuk akuarium ikan mas koki Anda. Ini karena kemampuannya mengurangi produk kotoran di dalam akuarium, meningkatkan lingkungan akuarium, dan menghadirkan tampilan alami ke akuarium. Tanaman plastik kuat dan murah, tetapi dapat memiliki tepi atau ujung kasar yang dapat melukai ikan mas koki, tidak membantu memurnikan air akuarium, dan buruk bagi lingkungan.

Nah, sekarang Anda pilih yang mana?

Komentar Anda